PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE Student Teams Achievement Divisions (STAD)DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA PELAJARAN PKn DI KELAS IV SDN 97 SELUMA

Tahilin, Tahilin and Hambali, Hambali and Hasnawati, Hasnawati (2013) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE Student Teams Achievement Divisions (STAD)DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA PELAJARAN PKn DI KELAS IV SDN 97 SELUMA. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
I,II,III,1-13-tah.fi.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (496kB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,1-13-tah.fi.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (661kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn di kelas IV SDN 97 Seluma dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan menggunakan media gambar. Penelitian ini merupakan PenelitianTindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II dan disetiap siklus terdiri dari satu kali pertemuan. Tahapan disetiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan /observasi, dan refleksi. Subjek penelitiannyaa dalah siswa kelas IV SDN 97 Seluma yang terdiri dari 38 orang pada tahun pelajaran 2012/2013. Pengumpulan data dilakukan melaluites dan observasi. Tes ini digunakan untuk mengetahui tingkat keberhasilan siswa. Observasi dilakukan untuk mengamati aktivitas guru dan siswa selama kegiatan belajar mengajar berlangsung. Hasil analisis belajar siswa menunjukkan nilai persentase ketuntasan belajar klasikal 52,63% dengan nilai ratarata 6,21 pada siklus I, meningkat 76,32% dengan nilai rata-rata 7,34 pada siklus II.Untuk aktivitas guru diperoleh rata-rata skor 29 dengan kriteria baik pada siklus I dan meningkat menjadi 35,5 dengan kriteria baik pada siklus II. Untuk aktivitas siswa pada siklus I diperoleh rata-rata skor 14,5 dengan kriteria baik dan pada siklus II meningkat menjadi rata-rata skor 16,6 dengan kriteria baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka penerapan pembelajaran model kooperatif tipe STAD dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar, aktivitas siswa, dan kualitas proses pembelajaran PKn di kelas IV SDN 97 Seluma.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 19 Dec 2013 13:21
Last Modified: 19 Dec 2013 13:21
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5025

Actions (login required)

View Item View Item