PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING MELALUI PENGGUNAAN MEDIA AUDIO-VISUAL (VIDEO) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VA SD N 89 KOTA BENGKULU

Widodo, Tri. and Dalifa, Dalifa and Nani , Yuliantini (2013) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING MELALUI PENGGUNAAN MEDIA AUDIO-VISUAL (VIDEO) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VA SD N 89 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
I,II,III,1-13-tri.fi.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,1-13-tri.fi.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi peristiwa alam dan kegiatan manusia mata pelajaran IPA kelas VA SDN 89 Kota Bengkulu, dengan menerapkan metode pembelajaran Problem Solving melalui penggunaan media pembelajaran Audio-Visual (Video). Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Subyek/ populasi sampel penelitian adalah guru dan siswa kelas VA SDN 89 Kota Bengkulu yang berjumlah 30 terdiri dari 8 laki-laki dan 22 perempuan Tahun Ajaran 2011-2012. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi dan lembar tes. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes hasil belajar dengan teknik analisis data observasi, dan hasil belajar. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini adalah pada siklus I diperoleh nilai rata-rata skor observasi keaktifan guru sebesar 39,75 dengan kriteria baik, dan rata-rata skor observasi keaktifan siswa sebesar 37,5 dengan kriteria baik. Pada siklus II rata-rata skor observasi keaktifan guru sebesar 42,75 dengan kriteria baik dan rata-rata skor observasi keaktifan siswa sebesar 43,75 dengan kriteria baik. Hasil analisis ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus 1 sebesar 73% dengan nilai rata-rata 73,5. Pada siklus II ketuntasan belajar secara klasikal meningkat menjadi 86% dengan nilai rata-rata meningkat menjadi 83,16. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Problem Solving melalui penggunaan Media Audio-Visual (Video) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas VA SDN 89 Kota Bengkulu (Materi Peristiwa Alam dan Kegiatan Manusia).

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 19 Dec 2013 13:55
Last Modified: 19 Dec 2013 13:55
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5027

Actions (login required)

View Item View Item