PENERAPAN METODE DRILL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA LAMBANG BILANGAN RATUSAN PADA ANAK TUNA GRAHITA RINGAN KELAS VI DI SLB NEGERI MUSI RAWAS

Sampurno Atmojo, Budi and Santoso, Santoso and I Wayan , Dharmayana (2012) PENERAPAN METODE DRILL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA LAMBANG BILANGAN RATUSAN PADA ANAK TUNA GRAHITA RINGAN KELAS VI DI SLB NEGERI MUSI RAWAS. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
BUDI SAMPURNO A.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan pada anak tunagrahita Ringan kelas VI di SLB Negeri Musi Rawas, yakni anak mengalami kesulitan dalam membaca lambang bilangan ratusan, hal ini tampak pada waktu anak diminta membaca lambang bilangan sampai ratusan. Untuk itu peneliti ingin meningkatkan kemampuan membaca bilangan ratusan melalui metode drill.Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Data kemampuan membaca lambang bilangan ratusan didapatkan melalui hasil nilai ulangan dan hasil latihan soal ketika proses pembelajaran berlangsung. Peneliti adalah guru kelas dan dalam penelitian ini peneliti sebagai pelaksana tindakan.Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, yang masing-masing siklus dilakukan dua kali pertemuan., Pada siklus I anak belum mampu membaca bilangan ratusan dengan baik. Hasil penelitian pada siklus I secara umum anak masih perlu bimbingan dan pengulangan, serta peningkatan aktifitas guru dan anak. Pada siklus II diambil alternatif pemecahan masalah dengan menggunakan alat peraga dan penghargaan atas hasil anak sehingga anak lebih tertarik dan timbul kepercayaan dirinya.Hasil penelitian pada siklus II anak sudah mampu membaca lambang bilangan ratusan walaupun masih belum lancar.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode drill dapat meningkatkan Kemampuan membaca bilangan ratusan bagi anak tunagrahita ringan kelas VI di SLB negeri Musi Rawas. Selain itu penerapan metode drill dapat meningkatkan aktifitas guru dan siswa. Dan disarankan kepada guru dalam pembelajaran matematika khususnya membaca lambang bilangan ratusan bagi anak tunagrahita ringan hendaknya menggunakan metode drill.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 19 Dec 2013 15:01
Last Modified: 19 Dec 2013 15:01
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5032

Actions (login required)

View Item View Item