MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS MELALUI PERMAINAN MANIPULATIF BERBASIS DEVELOPMENTALLY APPROPRIATE PRACTICE ( DAP ) ( PENELITIAN TINDAKAN KELAS PADA ANAK KELOMPOK B TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL MUARA AMAN KAB. LEBONG )

Amalia, Dian and Alexon, Alexon and Asrori, Asrori (2012) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS MELALUI PERMAINAN MANIPULATIF BERBASIS DEVELOPMENTALLY APPROPRIATE PRACTICE ( DAP ) ( PENELITIAN TINDAKAN KELAS PADA ANAK KELOMPOK B TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL MUARA AMAN KAB. LEBONG ). Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
DIAN AMALIA-0.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis anak melalui permainan manipulatif, pada ada anak usia Taman Kanak – Kanak dengan media permainan manipulatif berupa plastisin. Penelitian ini dilakukan karena banyak anak dikelas yang belum bisa menulis dengan benar dan rapi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ), dengan subjek penelitian anak kelompok B Taman Kanak – Kanak TK Aisyiyah Bustanul Athfal Muara Aman Kabupaten Lebong tahun pelajaran 2011 – 2012, berjumlah 22 anak, yang terdiri dari 11 orang perempuan dan 11 orang laki – laki. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan tindakan (3) observasi (4) refleksi.Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tehnik observasi dan lembar kerja anak. Lembar observasi digunakan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis anak dan digunakan juga untuk mengetahui aktivitas guru dikelas ketika proses belajar mengajar berlangsung. Berdasarkan analisis hasil dan pembahasan diketahui bahwa penerapan permainan manipulatif yaitu bermain plastisin dapat meningkatkan kemampuan menulis anak usia Taman Kanak – Kanak. Hal ini dapat dilihat dari keberhasilan kemampuan menulis anak pada siklus pertama sebanyak 45,45 %, pada siklus kedua menjadi 81,81 %,kemampuan menulis anak meningkat sebanyak 36,36 %.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 19 Dec 2013 15:20
Last Modified: 19 Dec 2013 15:20
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5042

Actions (login required)

View Item View Item