Elvinawati , Elvinawati (2008) PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARANKIMIA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA1 SMAN 1 KETAHUN BENGKULU UTARA. EXACTA, 6 (2). pp. 17-22. ISSN 1412-3617
|
Text (Journal)
03. Elvinawati Hal. 17-22.pdf - Published Version Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (75kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan ativitas dan hasil belajar kimia siswa dengan menerapkan pendekatan kontekstual. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus dilakukan dalam empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA SMAN 1 Ketahun, Kabupaten Bengkulu Utara yang berjumlah 30 siswa. Pengumpulan data dilakukan menggunakan lembar observasi aktivitas belajar, hasil tes, laporan, pekerjaan rumah dan presentasi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa pada siklus I berada dalam kategori cukup, sedang pada siklus II dan III mencapai kategori baik. Sedangkan daya serap pada siklus I, II dan III adalah 61,45%, 67,75% dan 72,12% dengan ketuntasan belajar klasikal berturut-turut 66,67%; 83,3% dan 90%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar kimia siswa kelas XI IPA SMAN 1 Ketahun Bengkulu Utara.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Chemistry Education |
Depositing User: | 001 Bambang Gonggo Murcitro |
Date Deposited: | 26 Mar 2013 10:51 |
Last Modified: | 26 Mar 2013 10:51 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/505 |
Actions (login required)
View Item |