PENERAPAN METODE THINK, TALK, WRITE (TTW) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SERI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI DI KELAS VB SD N 61 KOTA BENGKULU

Susanto,, Eko and Nani , Yuliantini and Wurjinem, Wurjinem (2012) PENERAPAN METODE THINK, TALK, WRITE (TTW) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SERI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI DI KELAS VB SD N 61 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
Skripsi Eko Susanto-0.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran dan kemampuan menulis karangan narasi dengan menggunakan media gambar seri di kelas Vb SDN 61 Kota Bengkulu. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas Vb SDN 61 Kota Bengkulu pada semester I tahun pelajaran 2011/2012. Instrumen yang digunakan yaitu alat observasi dan alat tes. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar observasi dan tes. Data observasi dianalisis dengan rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor, dan kisaran untuk tiap kriteria sedangkan data tes dianalisis dengan menggunakan rumus rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar klasikal. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu: (1) pada siklus I diperoleh nilai rata-rata lembar observasi guru sebesar 22,5 dengan kriteria “ cukup” dan nilai rata-rata lembar observasi siswa sebesar 22 dengan kriteria “ cukup”, serta nilai rata-rata lembar tes 70,93 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 40,62%; (2) pada siklus II diperoleh nilai rata-rata lembar observasi guru sebesar 26,5 dengan criteria “ baik” dan nilai rata-rata lembar observasi siswa sebesar 27 dengan criteria “ baik”, serta nilai rata-rata lembar tes 76,38 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 77,41%. Pada nilai rata – rata afektif siswa pada siklus I diperoleh secara klasikal 68,75 dan meningkat secara klasikal pada siklus II sebesar 78,92. Pada nilai rata – rata psikomotor siswa pada siklus I diperoleh secara klasikal 71,87 dan meningkat secara klasikal pada siklus II sebesar 80,91. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan Metode TTW dengan menggunakan media gambar seri dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran dan kemampuan siswa dalam menulis karangan narasi di Kelas Vb SDN 61 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 19 Dec 2013 15:40
Last Modified: 19 Dec 2013 15:40
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5052

Actions (login required)

View Item View Item