MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI KEGIATAN BERMAIN ORIGAMI PADA ANAK KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK MU’AMALAH KEPAHIANG KABUPATEN KEPAHIANG

Hamida, Elis and Sutrisno, Edi and Norman, Syam (2012) MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI KEGIATAN BERMAIN ORIGAMI PADA ANAK KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK MU’AMALAH KEPAHIANG KABUPATEN KEPAHIANG. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
ELIS HAMIDA.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Meningkatkan kreativitas anak melalui kegiatan bermain origami pada kelompok B Taman Kanak-kanak Mu’amalah Kepahiang. Skripsi Program S1 PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Bengkulu. pokok masalah pada penelitian ini adalah pada setiap kegiatan melipat hanya 20% anak saja yang mampu menyelesaikan lipatannya. Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana perkembangan kreativitas dengan menggunakan kegiatan bermain origami pada anak kelompok B Taman kanak-kanak Mu’amalah Kepahiang Semester 1 Pada Tema Binatang tahun pelajaran 2011/2012.. Adapun Subjek Penelitian pada Penelitian Tindakan Kelas ini adalah seluruh anak kelompok B1 Taman Kanak-kanak Mu’amalah kepahiang tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 30 anak yang terdiri dari 18 anak laki-laki dan 12 anak perempuan. Pada penelitian tindakan kelas (PTK) ini dikumpulkan dengan tehnik observasi dan tehnik hasil karya. Pada siklus i hasil dari analisis menunjukkan tingkat keberhasilan anak dalam pembelajaran 68.40% , jadi pada siklus I penelitian ini dinyatakan gagal. Pada siklus II penulis menggunkan metode perlombaan. Pada siklus II ini kreativitas anak meningkat hal ini dapat dilihat dari hasil analisis yang menunjukkan tingkat keberhasilan mencapai 85.52 % dan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dinyatakan berhasil. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kegiatan bermain origami dapat dijadikan sebagai sarana untuk mengembangkan kreativitas anak.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 19 Dec 2013 15:43
Last Modified: 19 Dec 2013 15:43
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5053

Actions (login required)

View Item View Item