PENGGUNAAN MEDIA BERVARIASI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPA SDN NO. 28 BENGKULU SELATAN

Elistiana, Elistiana and Hadiwinarto, Hadiwinarto and Ismail, Ismail (2012) PENGGUNAAN MEDIA BERVARIASI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPA SDN NO. 28 BENGKULU SELATAN. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
ELISTIANA.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (333kB)

Abstract

Penggunaan media bervariasi untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA SDN.NO 28 B engkulu Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA pada siswa kelas V SDN 28 Bengkulu Selatan dengan menggunakan media bervariasi sebagai alat bantu mengajar pada materi magnet menarik benda tertentu pada pembelajaran IPA. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam tiga siklus. Penelitian ini di dukung oleh: hakikat pembelajaran IPA di SD,proses belajar mengajar,motivasi belajar,media pembelajaran,macam-macam media,manfaat media pembelajaran dan media bervariasi.Lembaran observasi terdiri dari lembaran observasi guru dan lembaran observasi siswa yang dianalisis menggunakan rata-rata skor, skor tertinggi pengamatan dan kisaran nilai untuk tiap criteria. Jenis tes yang diberikan berbentuk uraian yang diberikan diakhir pembelajaran yang dianalisis menggunakan rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar.Hasil yang di dapat pada penelitian ini yaitu pada siklus I diperoleh nilai rata-rata siswa59,94 dengan persentase ketuntasan belajar 37,52%, pada siklus II diperoleh nilai rata-rata siswa 67,81dengan persentase ketuntasan belajar 68,75%, sedangkan pada siklus III diperoleh nilai rata-rata siswa 77,68 dengan persentase ketuntasan belajar 87,5%.Sedangkan hasil observasi guru pada siklus I diperoleh rata-rata skor 15 dari hasil observasi siswa diperoleh rata-rata 8 dengan criteria cukup,pada siklus II hasil observasi guru dengan rata-rata19 dari hasil observasi siswa diperoleh rata- rata 15 dengan criteria baik,sedangkan pada siklus III hasil observasi guru denganrata-rata 24 dan hasil observasi siswa diperoleh rata-rata 18 dengan criteria baik. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media bervariasi pada pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 28 Bengkulu Selatan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 19 Dec 2013 15:45
Last Modified: 19 Dec 2013 15:45
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5055

Actions (login required)

View Item View Item