PENERAPAN MODEL KLARIFIKASI DALAM PELAJARAN PKn UNTUK MENANAMKAN NILAI TAAT ATURAN DI SEKOLAH PADA SISWA KELAS IV SDN 01 AIR RAMI KABUPATEN MUKOMUKO

Nurdahwati, Elli and Puspa , Djuwita and Syahril , Yusuf (2012) PENERAPAN MODEL KLARIFIKASI DALAM PELAJARAN PKn UNTUK MENANAMKAN NILAI TAAT ATURAN DI SEKOLAH PADA SISWA KELAS IV SDN 01 AIR RAMI KABUPATEN MUKOMUKO. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
Skripsi Elli Nurdahwati-0.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menanamkan nilai taat akan peraturan disekolah pada siswa dengan menerapkan model klarifikasi nilai pada mata pelajaran PKn pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 01 Air Rami Kabupaten Mukomuko . Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif . Subjek penelitian ini adalah siswa IV Sekolah Dasar Negeri 01 Air Rami Kabupaten Mukomuko yang berjumlah 25 orang. Instrumen penelitian ini terdiri dari lembar observasi dan lembar penilaian sikap siswa, wawancara dan dokumentasi. Data observasi dianalisis mengunakan pemaparan data dengan melihat skor kriteria amat baik,baik, cukup, kurang, dan sangat kurang, yang diperoleh guru dan siswa sedangkan data penilaian afektif siswa dianalisis dari sikap dan perilaku siswa selama proses pembelajaran dan ketika siswa berada di lingkungan sekolah yang penilaiannya dilakukan oleh guru dengan cara menilai selalu, sering, kadang- kadang, hampir tidak pernah, dan tidak pernah. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini adalah penerapan model klarifikasi nilai dapat meningkatkan ketaatan siswa terhadap peraturan dan dapat menanamkan nilai-nilai taat aturan pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 01 Air Rami Kabupaten Mukomuko. Hal ini ditandai dengan perbaikan sikap dan perilaku siswa yang sudah sesuai dengan nilai-nilai taat aturan yang telah ditanamkan oleh guru dan juga siswa dapat mengaplikasikan sikap kerjasama, bertanggung jawab, musyawarah, kejujuran dan integritas dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa melalui model klarifikasi nilai untuk menanamkan nilai dapat meningkatkan kesadaran siswa terhadap ketaatan akan peraturan disekolah dan menanamkan nilai-nilai taat aturan pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 01 Air Rami Kabupaten Mukomuko

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 19 Dec 2013 15:48
Last Modified: 19 Dec 2013 15:48
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5056

Actions (login required)

View Item View Item