PENERAPAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IIA SD SINT CAROLUS BENGKULU

Sulistyaningsih, , Emy Liana and Endang , Widi Winarni and Hasnawati, Hasnawati (2012) PENERAPAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IIA SD SINT CAROLUS BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
EMYLIANA SULISTYANINGSIH-0.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas IIA SD Sint Carolus Bengkulu melalui penerapan kooperatif Think Pair Share dalam pembelajaran tematik. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IIA SD Sint Carolus Bengkulu. Pada kegiatan inti guru, guru mengajukan pertanyaan yang berhubungan dengan materi pelajaran (Think), guru meminta siswa untuk berpasangan dengan teman sebangku mendiskusikan jawaban yang paling benar (Pair), guru meminta siswa mempresentasikan hasil diskusinya (Share). Pada siklus I pertemuan 1 rata-rata yang diperoleh guru adalah 2,7, pertemuan 2 nilai rata-rata adalah 3. Pada siklus II pertemuan 1 rata-rata yang diperoleh guru adalah 3,2, pertemuan 2 nilai rata-rata adalah 3,6. Kegiatan inti siswa, siswa memikirkan jawaban sendiri (Think), siswa berpasangan dengan teman sebangku mendiskusikan jawaban yang paling benar (Pair), siswa mempresentasikan hasil diskusi (Share). Pada siklus I pertemuan 1 rata-rata yang diperoleh siswa adalah 2,6, pertemuan 2 nilai rata-rata adalah 3. Pada siklus II pertemuan 1 rata-rata yang diperoleh siswa adalah 3,2, pertemuan 2 nilai rata-rata adalah 3,6. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini adalah (1) siklus I rata-rata aktivitas guru 29,5 termasuk katagori baik, aktivitas siswa 28,75 katagori baik, sedangkan nilai rata-rata hasil tes untuk kompetensi dasar mata pelajaran PKn 7,28, Bahasa Indonesia 7,19, Matematika 7,16, IPA 8,20, IPS 7,03, SBK , persentase ketuntasan belajar klasikal untuk kompetensi dasar mata pelajaran PKn 60,71%, Bahasa Indonesia 64,29%, Matematika 60,71%, IPA 92,85%, IPS 57,14%, SBK %, (2) siklus II rata-rata aktivitas guru 33,5 termasuk katagori sangat baik, aktivitas siswa 33,25 katagori sangat baik, sedangkan nilai rata-rata hasil tes untuk kompetensi dasar mata pelajaran PKn 8,22, Bahasa Indonesia 9,13, Matematika 7,22, IPA 8,62, IPS 7,76, persentase ketuntasan belajar klasikal untuk kompetensi dasar mata pelajaran PKn 89,29%, Bahasa Indonesia 96,43%, Matematika 85,71%, IPA 96,43%, IPS 82,14%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan kooperatif Think Pair Share dalam pembelajaran tematik dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi siswa kelas IIA SD Sint Carolus Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 19 Dec 2013 15:52
Last Modified: 19 Dec 2013 15:52
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5058

Actions (login required)

View Item View Item