PENINGKATAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN SAINS KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI KECAMATAN KOTA MANNA KABUPATEN BENGKULU SELATAN

Diana Sari, Eva and Hadiwinarto, Hadiwinarto and Ismail, Ismail (2012) PENINGKATAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN SAINS KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI KECAMATAN KOTA MANNA KABUPATEN BENGKULU SELATAN. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
EVA DIANA SARI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (688kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktifitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran Sains kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kecamatan Kota Manna Kabupaten Bengkulu Selatan. Masalah penelitian ini, yaitu bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sains di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kecamatan Kota Manna Kabupaten Bengkulu Selatan. Penelitian ini dilakukan di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kecamatan Kota Manna Kabupaten Bengkulu Selatan dengan jumlah siswa 18 orang. Pengumpulan data tentang peningkatan-peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran sains dengan menggunakan metode kontekstual diambil melalui tes, sehingga persentase ketuntasan klasikal dapat diukur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode kontekstual dalam pelajaran Sains dapat meningkatkan hasil belajar. Ini dapat dilihat dari hasil penelitian dapat dilihat ketuntasan klasilkal meningkat dari menjadi 61,1 % pada siklus I, dan 88,8 % pada siklus II. Jadi setiap terjadi perlakuan tindakan terdapat penambahan peningkatan hasil belajar siswa. Dari data di atas dapat disimpulkan bahwa penggunaan pembelajaran dengan metode kontekstual pada mata pelajaran Sains di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kecamatan Kota Manna Kabupaten Bengkulu Selatan dapat meningkatkan hasil belajar Sains siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 19 Dec 2013 16:03
Last Modified: 19 Dec 2013 16:03
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5062

Actions (login required)

View Item View Item