PENERAPAN PEMBELAJARAN TEMATIK MODEL QUATUAM TEACHING ”TANDUR” UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IIA SDN 38 KOTA BENGKULU

,Fadillah, Mayang Sari Gusman and Hasnawati, Hasnawati and Nur , Asni (2012) PENERAPAN PEMBELAJARAN TEMATIK MODEL QUATUAM TEACHING ”TANDUR” UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IIA SDN 38 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
Skripsi Fadillah Mayang Sari Gusman-0.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran dan prestasi belajar siswa kelas II A SD Negeri 38 Kota Bengkulu dengan menggunakan Model Quantum Teaching “TANDUR”.Penelitian dilakukan dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan selama dua siklus, melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi dan lembar tes tertulis. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu: (1) Observasi guru pada siklus I diperoleh skor 66 nilai rata-rata 33 dengan kriteria “baik”. Nilai observasi guru meningkat pada siklus II 70.5 nilai rata-rata 35.25 dengan kriteria “baik”. (2) Observasi siswa siklus I diperoleh skor 68 nilai rata-rata 34 dengan kriteria “baik”. Nilai observasi siswa meningkat pada siklus II 69.5 nilai rata-rata 34.75 dengan kriteria “baik”. (3) Nilai LDS siklus I IPS 7,5 ketuntasan belajar 75%, Matematika 6,8 ketuntasan belajar 75%, IPA 7,75 ketuntasan belajar 87,5%, Bahasa Indonesia 7,62 ketuntasan belajar 50% dan PKn 7,4 ketuntasan belajar 87.5%. Nilai LDS meningkat pada siklus II Bahasa Indonesia 9,25 ketuntasan belajar100%, Matematika 8,25 ketuntasan belajar 100%, PKn 10 ketuntasan belajar 100%, IPS 9,375 ketuntasan belajar 100%, IPA 10 ketuntasan belajar 100%. (4) Nilai tes siklus I SBK 70.5 ketuntasan belajar 80%, IPS 80.62 ketuntasan belajar 75%, Matematika 66.5 ketuntasan belajar 62.5%, IPA 82.5 ketuntasan belajar 77.5%, Bahasa Indonesia 74.37 ketuntasan belajar 65% dan PKn 85.62 ketuntasan belajar 72.5%.Nilai kognitif meningkat pada siklus II Bahasa Indonesia 78.75 ketuntasan belajar 77.5%, Matematika 75.62 ketuntasan belajar 75%, PKn 87,05 ketuntasan belajar 82.5% , IPS 81.87 ketuntasan belajar 82.5%, IPA 83.12 ketuntasan belajar 80% dan SBK 74.12 ketuntasan belajar 85%. (5) Nilai afektif siklus I nilai rata-rata 7,75, ketuntasan belajar 78,94%%, Nilai afektif meningkat pada siklus II rata –rata 8,54, ketuntasan belajar 92,10%. (6) Nilai psikomotor siklus I rata-rata 7,72, ketuntasan belajar 84,21%. Nilai psikomotor meningkat pada siklus II rata- rata 8,42, ketuntasan belajar 94,73%,. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui Penerapan Pembelajaran Tematik Model Quantum Teaching “TANDUR” Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IIA SDN 38 Kota Bengkulu. Maka disarankan kepada guru untuk menggunakan Model Quantum Teaching “TANDUR” dalam pembelajaran tematik khusus nya kelas rendah I, II dan III.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 19 Dec 2013 16:08
Last Modified: 19 Dec 2013 16:08
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5063

Actions (login required)

View Item View Item