MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG DENGAN MENGGUNAKAN KARTU GAMBAR DIKELOMPOK B RA PELITA PLTA TES KABUPATEN LEBONG

Husnah, Hudiah and Alexon, Alexon and Asrori, Asrori (2012) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG DENGAN MENGGUNAKAN KARTU GAMBAR DIKELOMPOK B RA PELITA PLTA TES KABUPATEN LEBONG. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
hudiah husna pdf.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung dengan menggunakan kartu gambar, pada anak kelompok B RA Pelita PLTA Tes. Penelitian ini dilakukan karena masih banyak anak yang belum dapat mengenal konseb bilanga dan menulis angka dengan baik. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan subjek penelitian anak kelompok B RA Pelita PLTA Tes Kabupaten Lebong tahun pelajaran 2011–2012 berjumlah 14 anak, yang terdiri dari 10 orang anak perempuan dan 4 orang anak laki–laki. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan tindakan (3) observasi (refleksi). Pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan hasil karya anak. Lembar observasi digunakan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berhitung anak dan juga digunakan untuk mengetahui peningkatan aktivitas guru dikelas ketika proses belajar mengajar berlangsung. Berdasarkan analisis hasil dan pembahasan diketahui bahwa dengan menggunakan gambar anak dapat meningkatkan hasil belajarnya dalam bentuk pengurangan dan penambahan, berdasarkan hasil disiklus I mengenal lambang bilangan hanya memperoleh 78,57%, menulis angka 1-20 (64,28%), menyebutkan hasil penambahan dan pengurangan 1-10 hanya (50%), memecahkan masalah sederhana 50%, mengenal lambang bilangan memperoleh 92,86%, menulis angka 1 - 20 (85,71%), menyebutkan hasil penambahan dan pengurangan 1 - 10 (92,86%), memecahkan massalah sederhana 92,86%.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 19 Dec 2013 16:23
Last Modified: 19 Dec 2013 16:23
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5068

Actions (login required)

View Item View Item