UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DALAM SUB POKOK BAHASAN PERKALIAN DAN PEMBAGIAN BILANGAN MELALUI TEKNIK PEMBERIAN TUGAS PEKERJAAN RUMAH BAGI SISWA KELAS IV SD NEGERI 18 TEBING TINGGI

Hutmawati, Hutmawati and Santoso, Santoso and I Wayan , Dharmayana (2012) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DALAM SUB POKOK BAHASAN PERKALIAN DAN PEMBAGIAN BILANGAN MELALUI TEKNIK PEMBERIAN TUGAS PEKERJAAN RUMAH BAGI SISWA KELAS IV SD NEGERI 18 TEBING TINGGI. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
HUTMAWATI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (315kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan Sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika dalam Sub Pokok Bahasan Perkalian dan Pembagian Bilangan Melalui Teknik Pemberian Tugas Pekerjaan rumah bagi siswa kelas IV SD Negeri 18 Tebing Tinggi, hasil belajar siswa masih rendah. Apakah pemberian tugas pekerjaan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Matematika. Jenis penelitian tindakan kelas dengan teknik pemberian tugas pekerjaan. Fokus penelitian adalah penggunaan teknik pemberian tugas pekerjaan dalam pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus menempuh: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan observasi dengan indikator keberhasilan yang ditetapkan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa (1) penggunaan teknik pemberian tugas pekerjaan rumah dapat meningkatkan hasil dan keaktifan belajar siswa kelas IV SD Negeri 18 Tebing Tinggi, (2) peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari meningkatnya nilai rata-rata hasil belajar siswa dari setiap siklus, yaitu 57,00 pada pra siklus menjadi 65,86 siklus I dan siklus II Meningkatkan lagi menjadi 78,83. Besar persentase peningkatan sebelum tindakan dan setelah tindakan adalah sebesar 23,30%.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 19 Dec 2013 16:26
Last Modified: 19 Dec 2013 16:26
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5069

Actions (login required)

View Item View Item