PENGGUNAAN MEDIA MANIPULATIF UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BAGI SISWA KELAS V SD NEGERI NO. 111 BENGKULU SELATAN.

Purnama Sari, Indah and Hadiwinarto, Hadiwinarto and Ismail, Ismail (2012) PENGGUNAAN MEDIA MANIPULATIF UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BAGI SISWA KELAS V SD NEGERI NO. 111 BENGKULU SELATAN. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
INDAH PURNAMA SARI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (310kB)

Abstract

“Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui tingkat keaktifan siswa serta tingkat keberhasilan belajar siswa melalui pembelajaran menggunakan media manipulatif. Untuk mencapai tujuan penelitian ini, peneliti menerapkan penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data siswa diperoleh dari wawancara, daftar hadir siswa dan observasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri No. 111 Bengkulu Selatan yang berjumlah 10 orang. Penelitian ini dirancang dengan tahap-tahap refleksi, perencanaan, pelaksanaan dan monitoring. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri No. 111 Bengkulu Selatan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penggunaan media manipulatif dalam proses belajar siswa. Hal ini dapat peneliti buktikan dengan adanya peningkatan hasil tes yang telah dilakukan dari sebelum tindakan sampai dilakukannya tindakan. Saat dilakukan tindkaan pada pra siklus rata-rata nilai yang diperoleh siswa adalah 51,5, setelah dilakukan tindakan pada siklus pertama dan kedua berturut-turut adalah 71,0 dan 89,0. dengan hasil ketuntasan belajar siklus I dan siklus II adalah 50% dan 90%. Hal ini menunjukkan bahwa siswa berhasil dalam belajar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media manipulatif pada pembelajaran matematika dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran matematika kelas V SD Negeri No. 111 Bengkulu Selatan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 19 Dec 2013 16:36
Last Modified: 19 Dec 2013 16:36
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5072

Actions (login required)

View Item View Item