UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN TEMATIK MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT DENGAN PERMAINAN TEBAK KATA DI KELAS II SDN 35 KOTA BENGKULU

Oriza, , Keny. and Sri , Dadi and Daimun , Hambali (2012) UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN TEMATIK MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT DENGAN PERMAINAN TEBAK KATA DI KELAS II SDN 35 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
Skripsi Keny Oriza-0.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan hasil belajar siswa kelas II SD Negeri 35 Kota Bengkulu dengan menggunakan model kooperatif tipe Teams Games Tournament dengan permainan tebak kata. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan selama dua siklus, melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi dan lembar tes tertulis. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu: (1) dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari skor rata-rata aktivitas guru pada siklus I 36,75 dengan kriteria “baik” dan meningkat pada siklus II sebesar 42 dengan kriteria “baik”. Pada aktivitas siswa siklus I diperoleh skor rata-rata 36 dengan kriteria “baik” dan meningkat menjadi 42 pada siklus II dengan kriteria “baik”. (2) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari tiga aspek penilaian yaitu kognitif, afektif dan psikomotor. Nilai kognitif diukur menggunakan LDS, tes evaluasi dan permainan tebak kata. Nilai rata-rata LDS adalah untuk mata pelajaran IPA 8 pada siklus I dan meningkat menjadi 8,4 pada siklus II, Bahasa Indonesia 7,6 pada siklus I dan meningkat menjadi 8 pada siklus II, Matematika 7,8 pada siklus I dan meningkat menjadi 8,8 pada siklus II, dan PKn 8 pada siklus I kemudian meningkat menjadi 8,6 pada siklus II. Nilai rata-rata tes evaluasi yaitu untuk mata pelajaran SBK 7,11 pada siklus I dan meningkat menjadi 7,56 pada siklus II, IPA 7,06 pada siklus I dan meningkat menjadi 8 pada siklus II, Bahasa Indonesia 7,16 pada siklus I dan meningkat menjadi 7,8 pada siklus II, Matematika 6,86 pada siklus I dan meningkat menjadi 7,86 pada siklus II, IPS 6,96 pada siklus I dan meningkat menjadi 8,66 pada siklus II, PKn 6,91 pada siklus I dan meningkat menjadi 8,46 pada siklus II. Pada permainan tebak kata, nilai yang diperoleh yaitu untuk kelompok A 73,3 pada siklus I dan meningkat menjadi 80 pada siklus II, kelompok B 73,3 pada siklus I dan meningkat menjadi 80, kelompok C 80 pada siklus I dan pada siklus II tepat mendapat 80, kelompok D 80 pada siklus I dan meningkat menjadi 90 pada siklus II dan kelompok E 86,6 pada siklus I kemudian meningkat menjadi 90 pada siklus II. Hasil analisis ranah afektif siswa adalah untuk mata pelajaran SBK 40% pada siklus I kemudian meningkat menjadi 76,6% pada siklus II, IPA 46,6% pada siklus I dan meningkat menjadi 86,6% pada siklus II, Bahasa Indonesia 36,6% pada siklus I dan meningkat menjadi 86,6% pada siklus II, Matematika 36,6% pada siklus I dan meningkat menjadi 83,3% pada siklus II, IPS 43,3% pada siklus I dan meningkat menjadi 76,6% pada siklus II, PKn 40% pada siklus I dan meningkat menjadi 83,3% pada siklus II. Hasil analisis ranah psikomotor siswa adalah untuk mata pelajaran SBK 43,3% pada siklus I dan meningkat menjadi 83,3% pada siklus II, k IPA 43,3% pada siklus I dan meningkat menjadi 86,6% pada siklus II, Bahasa Indonesia 40% pada siklus I dan meningkat menjadi 86,6% pada siklus II, Matematika 46,6% pada siklus I dan meningkat menjadi 80% pada siklus II, untuk IPS 50% pada siklus I dan meningkat menjadi 80% pada siklus II, PKn 43,3% pada siklus I dan meningkat menjadi 86,6% pada siklus II.. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui model kooperati Tipe Teams Games Tournament dengan permainan tebak kata dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan hasil belajar siswa kelas II SDN 35 Kota. Maka disarankan kepada guru untuk menggunakan Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament dalam pembelajaran tematik khususnya kelas rendah I, II dan III.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 19 Dec 2013 16:52
Last Modified: 19 Dec 2013 16:52
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5077

Actions (login required)

View Item View Item