MENINGKATKAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI MENGANYAM DI KELOMPOK B TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL MUARA AMAN LEBONG

Maryaliza, Maryaliza and Alexon, Alexon and Asrori, Asrori (2012) MENINGKATKAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI MENGANYAM DI KELOMPOK B TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL MUARA AMAN LEBONG. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
MARYALIZA.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (224kB)

Abstract

Pada umumnya anak-anak pada usia dini sangat susah dalam kegiatan mengembangkan motorik halusnya melalui menganyam. Penelitian ini bertujuan untuk melaksanakan dan meningkatkan kemampuan motrik halus anak melalui menganyam ‘pada anak kelas B4 di Taman Kanak - Kanak Aisyiyah Busthanul Athfal Muara Aman Lebong. Jenis penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Penelitian Tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu perencanaan tindakan, action dan observation, refleksi. Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar observasi guru dan lembar observasi anak serta lembar tes mengerjakan tugas (LKS), dan hasil karya anak. Analisis data nilai akhir Siklus I dan siklus II menggunakan persentase. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini yaitu pada siklus I, 70 %, siklus II, 81 %. Data asesmen akhir dalam meningkatkan motorik halus anak melalui menganyam sangat signifikan yaitu dengan kriteria baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan kegiatan menganyam dapat meningkatkan kemampuan motork halus anak kelas B4 Taman Kanak Kanak Aisyiyah Busthanul Athfal Muara Aman Lebong. Pelaksanaan motorik halus anak melalui menganyam, sehingg kegiatan menganyam semakin meningkat karena bahan/media dibuat mirip dengan aslinya. Rekomendasi dari penelitian ini diberikan pada sekolah dan Guru Taman Kanak - kanak Aisyiyah Busthanul Athfal Muara Aman Lebong.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 19 Dec 2013 17:18
Last Modified: 19 Dec 2013 17:18
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5086

Actions (login required)

View Item View Item