Yopita, , Marza. and Dalifa, Dalifa and Resnani, Resnani (2012) PENERAPAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES MELALUI MEDIA LKS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VA SD NEGERI 45 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
Text
Marza Yopita (A1G007029)-0.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (3MB) |
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar siswa dengan menerapkan Pendekatan Keterampilan Proses melalui Media LKS. Subjek penelitian ini adalah guru kelas dan 33 orang siswa yang terdiri dari 16 laki-laki dan 17 perempuan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar pengamatan aktifitas guru, aktifitas siswa dan hasil belajar (kognitif, afektif dan psikomotor). Teknik pengumpulan data diperoleh dari observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis yang digunakan adalah data pengamatan aktifitas guru dan siswa, lembar penilaian afektif, kognitif dan psikomotor. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini adalah pada siklus I nilai rata- rata observasi siswa yaitu 31,5 dengan kategori baik dan nilai rata-rata observasi guru yaitu 32,25 dengan kategori baik. Hasil belajar kognitif yaitu rata-rata kelas sebesar 70,87 dengan ketuntasan belajar secara klasikal 60,60 %. Penilaian afektif dengan rata-rata sebesar 61,81 dan penilaian psikomotor dengan rata-rata sebesar 64,01. Pada siklus II nilai rata-rata observasi siswa yaitu 35,5 dengan kategori baik dan nilai rata-rata observasi guru yaitu 36,75 dengan kategori baik. Hasil belajar kognitif yaitu rata-rata kelas sebesar 76,09 dengan ketuntasan belajar secara klasikal 87,87 %. Penilaian afektif dengan rata-rata sebesar 73,93 dan penilaian psikomotor dengan rata-rata sebesar 76,83. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Pendekatan Keterampilan Proses melalui Media LKS dapat meningkatkan Kualitas Proses dan Hasil Belajar Siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 19 Dec 2013 17:20 |
Last Modified: | 19 Dec 2013 17:20 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5087 |
Actions (login required)
View Item |