MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEMBACA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW SISWA DI KELAS V SD NEGERI 41 BENGKULU SELATAN

Noprianto, Miko, and Alimansyah, Alimansyah and Abdul, Muktadir (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEMBACA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW SISWA DI KELAS V SD NEGERI 41 BENGKULU SELATAN. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
MIKO NOPRIANTO.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (399kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Tujuan penelitian ini adalahuntuk mengungkapkan apakah implementasi modl pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar membaca siswa. Penelitian ini dilakukan di kelas V SD Negeri 41 Bengkulu Selatan, yang terdiri dari 34 siswa. Instrumen penelitian ini adalah tes hasil belajar membaca dan lembar observasi. Implementasi teknik ini dibagi menjadi 2 siklus. Dalam setiap siklus ada; perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data melalui tes awal, siklus I, siklus II, tes akhir. Untuk menganalisis data-data ini, peneliti mengunakan pendekatan deskriptif kualitatif . Tes awal diberikan sebelum pelaksaan model ini. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata nilai siswa pada tes awal adalah 4,88 dan rata- rata nilai pada tes akhir siswa adalah7,85. Perbandingan nilai siswa pada tes awal dan akhir menunjukan bahwa jumlah peningkatanya adalah 2,97. Selanjutnya, situasi proses belajar mengajarpun menunjukan bahwa siswa menjadi lebih akitf, dan motivasi dan minat belajar siswapun meningkat yang dibuktikan dengan peningkatan nilai siswa. Berdasarkan hasil tersebut, peneliti menyimpilkan bahwa Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar membaca siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 19 Dec 2013 17:30
Last Modified: 19 Dec 2013 17:30
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5091

Actions (login required)

View Item View Item