PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN SISWA KELAS IV SDN 04 KAUR UTARA

Herlina, Niti and Daimun , Hambali and Herman , Lusa (2012) PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN SISWA KELAS IV SDN 04 KAUR UTARA. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
SKRIPSI NITI HERLINA PDF OK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana kualitas pembelajaran matematika, aktivitas siswa, dan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 04 Kaur Utara pada pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan pecahan dalam memecahkan masalah melalui penerpan metode problem solving. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pembelajaran matematika, aktivitas siswa, dan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 04 Kaur Utara pada pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan pecahan melalui penerapan metode problem solving. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan 2 siklus, setiap siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 04 Kaur Utara yang berjumlah 22 orang tahun ajaran 2011/2012. Teknik pengumpulan data penelitian ini terdiri dari observasi, tes, dan dokumentasi. Instrument penelitian terdiri dari lembar observasi dan lembar tes. Data tes dianalisis secara deskriptif dengan menentukan nilai rata-rata, daya serap, dan ketuntasan belajar, sedangkan data observasi dianalisis dengan rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor, dan criteria penilaian skor. Data hasil penelitian yang dilakukan diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) kualitas proses pembelajaran yang dilakukan guru melalui penerapan metode problem solving meningkat dari 39,0 pada siklus I, Dan siklus II 47,5 aktivitas siswa dalam memecahkan masalah melalui penerapan metode problem solving dengan memanfaatkan media konkret pada pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan pecahan dapat meningkat hasil belajar, hal ini terlihat dari nilai rata-rata siswa pada siklus I 6,86 , siklus II 8,09. Sedangkan ketuntasan belajar klasikalnya pada siklus I 68,6%, siklus II 80,9%.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 19 Dec 2013 17:37
Last Modified: 19 Dec 2013 17:37
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5094

Actions (login required)

View Item View Item