PENERAPAN METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE NHT DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn KELAS IV SD NEGERI 06 BENGKULU SELATAN

Fartikasary, Novvy and Aliman, Aliman and Abdul, Muktadir (2011) PENERAPAN METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE NHT DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn KELAS IV SD NEGERI 06 BENGKULU SELATAN. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
NOVY PARTIKASARIE.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (602kB)

Abstract

Penellitian ini bertujuan untuk mengetahui keaktifan dan peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kls IV SD Negeri 06 Bengkulu Selatan melalui penerapan metode Cooperative Learning tipe tekhnik Kepala Bernomor Struktur. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dua siklus, instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan lembar tes. Lembar observasi terdiri dari lembar observasi aktivitas guru dan siswa, data hasil belajar yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan mengacu kepada ketuntasan belajar secara klasikal.Hasil yang diperoleh dalam penelitian yaitu pada siklus I diperoleh nilai rata-rata skor observasi guru sebesar 34 dengan kriteria baik dan rata-rata skor observasi siswa 39,5 dengan kriteria baik. Hasil analisis ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus I sebesar 52,7% dengan nilai rata-rata 6,90.Pada siklus II ketuntasan belajar secara klasikal meningkat menjadi 91,66% dengan nilai rata-rata meningkat menjadi 8,06 dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Metode Cooperative Learning tipe NHT dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa dalam proses pembelajaran khususnya di kelas IV SD Negeri 06 Bengkulu Selatan. Kata kunci: Metode cooperative learning tipe, PKn, keaktifan dan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 19 Dec 2013 17:39
Last Modified: 19 Dec 2013 17:39
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5095

Actions (login required)

View Item View Item