MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK MELALUI PERMAINAN KARTU ANGKA DI KELOMPOK B2 TK AISYIYAH BUSTHANUL ATHFAL MUARA AMAN LEBONG PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK)

Nrbelawati, Nurbelawati and Alexon, Alexon and Asrori, Asrori (2011) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK MELALUI PERMAINAN KARTU ANGKA DI KELOMPOK B2 TK AISYIYAH BUSTHANUL ATHFAL MUARA AMAN LEBONG PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK). Undergraduated thesis, Fakultas Hukum UNIB.

[img] Text
NURBELAWATI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melaksanakan dan meningkatkan kemampuan berhitung dengan menggunakan permainan ”kartu angka”, pada anak kelas B2 di Taman Kanak - Kanak Aisyiyah Busthanul Athfal Muara Aman Lebong. Jenis penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Penelitian Tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu perencanaan tindakan, action dan observation, refleksi. Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar observasi guru dan lembar observasi anak serta lembar tes mengerjakan tugas (LKS), dan hasil karya anak. Analisis data nilai akhir Siklus I dan siklus II menggunakan persentase. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini yaitu pada siklus I, 77 %, siklus II, 93 %. Data asesmen akhir dalam meningkatkan Kemampuan berhitung dengan menggunakan permainan ”kartu angka” sangat signifikan yaitu dengan kriteria baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan permainan ”kartu angka” dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak kelas B2 Taman Kanak - Kanak Aisyiyah Busthanul Athfal Muara Aman Lebong. Pelaksanaan pembelajaran berhitung dan bermain dengan dirancang menggunakan permainan kartu angka, sehingg kemampuan berhitung semakin meningkat karena bahan/media dibuat mirip dengan aslinya. Rekomendasi dari penelitian ini diberikan pada sekolah dan Guru Taman Kanak - kanak Aisyiyah Busthanul Athfal Muara Aman Lebong.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 19 Dec 2013 17:42
Last Modified: 19 Dec 2013 17:42
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5096

Actions (login required)

View Item View Item