MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK PADA MATERI GEOMETRI DI KELAS IV SDN 173 SELUMA

Zamrut, Purwadi and Aliman, Aliman and Abdul, Muktadir (2012) MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK PADA MATERI GEOMETRI DI KELAS IV SDN 173 SELUMA. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
PURWADI ZAMRUD.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (684kB)

Abstract

Pendekatan realistik mempermudah siswa untuk mengingat dan tidak mudah melupakan materi pelajaran karena berperan langsung dalam kegiatan pembelajaran yaitu dengan cara melihat, memegang dan merasakan benda- benda nyata yang digunakan sebagai media dalam pembelajaran. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan cara meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV SDN 173 dengan pendekatan Matematika Realistik dan mendeskrip- sikan penggunaan alat peraga dalam mengaktifkan siswa belajar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas, yang diawali dengan pengamatan dan studi pendahuluan untuk mengetahui permasalahan di kelas, kemudian dilakukan perbaikan dengan melakukan tahap-tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi, dalam penelitian ini peneliti melakukan tiga kali siklus. Hasil penelitian siklus pertama diperoleh nilai rata-rata kelas 5,86, ketuntasan belajar klasikal 37,50 dan pada siklus kedua diperoleh nilai rata-rata kelas 7,13 ketuntasan belajar klasikal 70,83%. Pada siklus ketiga rata-rata kelas meningkat menjadi 8,04 dan ketuntasan belajar klasikal 100%. Pendekatan Matematika Realistik dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dengan cara menggunakan alat peraga yang bersifat konkrit, dipegang langsung oleh siswa dan dijadikan alat dalam menjelaskan materi serta dalam menyelesaikan masalah.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 20 Dec 2013 10:25
Last Modified: 20 Dec 2013 10:25
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5099

Actions (login required)

View Item View Item