PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION ( PBI ) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA (DI KELAS VB SDN 69 KOTA BENGKULU)

Wati, , Ratna and Dalifa, Dalifa and Lukman, Lukman (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION ( PBI ) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA (DI KELAS VB SDN 69 KOTA BENGKULU). Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
Skripsi Ratna Wati.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas VB SDN 69 Kota Bengkulu, dengan menerapkan model Problem Based Instruction. Subyek/ populasi sampel penelitian adalah guru dan siswa kelas VB SDN 69 Kota Bengkulu Tahun Ajaran 2010-2011. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi dan lembar tes. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi dan tes hasil belajar dengan teknik analisis data observasi, dan hasil belajar. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini adalah pada siklus I diperoleh nilai rata-rata skor observasi guru sebesar 36,25 dengan kriteria baik, dan rata-rata skor observasi siswa sebesar 35,25 dengan kriteria baik. Pada siklus II rata-rata skor observasi guru sebesar 40,5 dengan kriteria baik dan rata-rata skor observasi siswa sebesar 40,5 dengan kriteria baik. Hasil analisis ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus 1 sebesar 56,25% dengan nilai rata-rata 70,43. Pada siklus II ketuntasan belajar secara klasikal meningkat menjadi 87,5% dengan nilai rata-rata meningkat menjadi 77,53. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Instruction dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa khususnya di kelas VB SD Negeri 69 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 20 Dec 2013 10:29
Last Modified: 20 Dec 2013 10:29
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5100

Actions (login required)

View Item View Item