PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL QUANTUM TEACHING “TANDUR” DI KELAS VA SDN 25 KOTA BENGKULU

Septiana, , Reke and Sri , Dadi and Daimun , Hambali (2012) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL QUANTUM TEACHING “TANDUR” DI KELAS VA SDN 25 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
Skripsi Reke Septiana-0.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS melalui model Quantum Teaching “TANDUR” pada siswa kelas VA SDN 25 Kota Bengkulu. Penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan selama dua siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas VA SDN 25 Kota Bengkulu. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi dan lembar tes tertulis. Observasi di analisis dengan menggunakan rumus rata-rata nilai, sedangkan data observasi dianalisis dengan rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor dan kisaran nilai untuk setiap kriteria. Hasil yang di peroleh dari penelitian yaitu: (1) Proses Pembelajaran (a) Observasi guru pada siklus I diperoleh skor 40 dengan kriteria “baik”, Nilai Observasi guru meningkat pada siklus II yaitu 42,75 dengan kriteria “baik”. (b) Observasi siswa siklus I diperoleh skor 40 dengan kriteria “baik”, Nilai Observasi siswa meningkat pada siklus II yaitu 43,5 dengan kriteria “baik”. (2) Peningkatan hasil belajar siswa yang terdiri dari: (a) Nilai kognitif dilihat dari nilai LDS dan hasil evaluasi. Nilai LDS siklus I yaitu 70,55 dengan ketuntasan klasikal 55,5%. Nilai hasil evaluasi siklus I yaitu 64,5 dengan ketuntasan belajar 53,49%. Pada siklus II nilai LDS meningkat menjadi 84,72 dengan ketuntasan klasikal 100%. Nilai hasil evaluasi siklus II meningkat menjadi 73,4 dengan ketuntasan belajar 83,72%. (b) Nilai afektif siswa di kelas VA SD Negeri 25 Kota Bengkulu, yang dapat dilihat dari hasil pekerjaan siswa pada siklus I ke siklus II. Pada siklus I ketuntasan belajar 53,48% dan pada siklus II meningkat menjadi 93,02%. (c) Nilai psikomotor siswa pada siklus I ketuntasan belajar 51,16% dan pada siklus II meningkat menjadi 81,39%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model Quantum Teaching “TANDUR” dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS di kelas VA SD Negeri 25 Kota Bengkulu. Sehubungan dengan itu, disarankan bagi guru untuk menerapkan model Quantum Teaching “TANDUR” dalam pembelajaran khususnya dalam pembelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 20 Dec 2013 10:32
Last Modified: 20 Dec 2013 10:32
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5101

Actions (login required)

View Item View Item