Peningkatan Prestasi Belajar Siswa kelas V Materi Daur Hidup Hewan Melalui Model Pembelajaran Talking Stick Siswa Kelas IV SD Negeri 18 Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang

Samidah, Samidah and Santoso, Santoso and I Wayan , Dharmayana (2012) Peningkatan Prestasi Belajar Siswa kelas V Materi Daur Hidup Hewan Melalui Model Pembelajaran Talking Stick Siswa Kelas IV SD Negeri 18 Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
SAMIDAH.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah melalui penerapan model pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan Motivasi belajar siswa pada materi Daur Hidup Hewan Siswa kelas IV SD Negeri 18 Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang?”. Bagaimana strategi penerapan model pembelajaran Talking Stick Kelas IV SD Negeri 18 Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang? Bagaimana prestasi belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran Talking Stick ?, penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 18 Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang Tahun Pelajaran 2011/2012. yang berjumlah 38 siswa. Berdasarkan hasil analisis diskriptif diketahui bahwa hasil belajar secara klasikal pra tindakan pra tindakan atau pra siklus diperoleh nilai rata-rata sebesar 6,5 dari 38 siswa. Hanya ada 2 siswa yang memperoleh nilai ≥ 70 dengan persentase sebesar 2%. Dari hasil tes akhir siklus I diperoleh nilai ≥ 70 dari 38 siswa. Yang memperoleh nilai ≥ 70 ada 30 siswa dengan persentase 45%. Nilai rata-rata akhir siklus I mengalami peningkatan, dari nilai tes pratindakan dengan persentase peningkatan sebesar 57%. Nilai rata-rata akhir siklus II mengalami peningkatan dari nilai tes akhir siklus I dengan persentase peningkatan sebesar 45%. Peningkatan sebelum dilaksanakan tindakan, Setelah pelaksanaan Siklus I, dan Siklus II, di dapatkan dari 2 tahap tersebut maka menghasilkan nilai persentase yang sangat memuaskan yaitu sebesar 100%.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 20 Dec 2013 10:59
Last Modified: 20 Dec 2013 10:59
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5110

Actions (login required)

View Item View Item