Penerapan Pendekatan Kontekstual Dengan Menggunakan Lembar Kerja Siswa Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Di Kelas V SD Negeri UPT Karang Cayo

Herawati, S, efti and Aliman, Aliman and Abdul, Muktadir (2012) Penerapan Pendekatan Kontekstual Dengan Menggunakan Lembar Kerja Siswa Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Di Kelas V SD Negeri UPT Karang Cayo. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
SEFTI HERAWATI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (473kB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar matematika siswa di kelas V SD Negeri UPT Karang Cayo, salah satu nya di sebabkan proses pembelajaran yang selama ini diajarkan menggunakan suatu yang abstrak sehingga siswa mengalami kesulitan untuk memahami teori. Penggunaan Lembar Kerja Siswa belum diupayakan oleh guru dimana lembar kerja siswa berperan sebagai alat bantu untuk mengaktifkan siswa dalam belajar. Oleh karena itu peneliti akan mencoba menggunakan lembar kerja siswa dengan menggunakan pendekatan kontekstual dalam proses pembelajaran pada materi kubus dan balok. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan meningkatkan aktivitas siswa dalam proses belajar Matematika di SD Negeri UPT Karang Cayo.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian ini adalah siswa di kelas V SD Negeri UPT Karang Cayo terdiri dari 29 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi siswa, Lembar Observasi Guru, LKS, dan Tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum dilakukan tindakan aktivitas siswa kurang aktif dan hasil belajar siswa rendah dengan ketuntasan klasikal 31,03%. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I terlihat bahwa aktivitas siswa sudah baik, respon siswa positif, dan hasil belajar siswa meningkat dengan ketuntasan klasikal 55,17%, namun belum mencapai standar ketuntasan klasikal (minimal 65%). Pada siklus II aktivitas siswa sudah baik, respon siswa positif dan hasil belajar siswa semakin meningkat sehingga mencapai ketuntasan klasikal 100%. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran degan menggunakan LKS dengan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi yang sedang di pelajari. Penelitian lebih lanjut di sarankan subjek diperluas pada kelas dan materi yang lainnya

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 20 Dec 2013 11:07
Last Modified: 20 Dec 2013 11:07
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5113

Actions (login required)

View Item View Item