PENERAPAN METODE STRUKTURAL ANALISIS SINTETIK DAN BERMAIN HARTA KARUN DALAM PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK PADA TK TUNAS HARAPAN KOTA BENGKULU

Kanawatienc, Silsilia and Mona , Ardina and Wembrayarli, Wembrayarli (2012) PENERAPAN METODE STRUKTURAL ANALISIS SINTETIK DAN BERMAIN HARTA KARUN DALAM PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK PADA TK TUNAS HARAPAN KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
SILSILIA KENCANAWATI REV.1-0.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengajarkan kemampuan membaca permulaan dengan menggunakan permainan harta karun melalui metode struktural analisis sintetik pada anak. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A Taman Kanak – kanak Tunas Harapan Kota Bengkulu, yang berjumlah 25 orang yang terdiri dari 12 anak laki – laki dan 13 anak perempuan. Teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah observasi. Penelitian ini bermanfaat bagi sekolah, bagi guru, dan bagi orang tua. Dari hasil penelitian yang sudah dilakukan, terdapat peningkatan pada kemampuan membaca permulaan anak dengan metode struktural analisis sintetik. Terbukti pada siklus I pertemuan pertama terdapat (34,4% ), anak mampu mengenal, memisahkan, merangkai, menyebutkan kata dan bermain huruf, kemudian dilanjutkan ke pertemuan kedua belum terjadi peningkatan, dilanjutkan pada siklus II pada pertemuan kedua terjadi peningkatan (53.6%), kemudian dilanjutkan kembali ke siklus III, namun pada pertemuan kedua meningkat menjadi (75,2%). Dari hasil penelitian yang sudah dilakukan maka mengajarkan kemampuan membaca permulaan dengan menggunakan permainan harta karun melalui metode struktural analisis sintetik dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak di Taman Kanak – kanak Tunas Harapan Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 20 Dec 2013 11:18
Last Modified: 20 Dec 2013 11:18
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5115

Actions (login required)

View Item View Item