PENERAPAN METODE TANYA JAWAB UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI PEMERINTAHAN MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS IV SD NEGERI 08 TANJUNG KEMUNING

Sisniarti, Sisniarti and Rohiat, Rohiat and Lukman, Lukman (2012) PENERAPAN METODE TANYA JAWAB UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI PEMERINTAHAN MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS IV SD NEGERI 08 TANJUNG KEMUNING. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
SKRIPSI SISNIARTI PDF OK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan yang terdapat dalam penelitian ini adalah: 1) Prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan di kelas IV SD Negeri 08 Tanjung Kemuning belum memenuhi kriteria ketuntasan belajar secara klasikal, 2) metode pengajaran masih kurang bervariasi. Tujuan penelitian ini, untuk meningkatkan aktivitas guru dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada materi Pemerintahan melalui penerapan metode tanya jawab pada siswa kelas IV SD Negeri 08 Tanjung Kemuning, untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada materi Pemerintahan melalui penerapan metode tanya jawab pada siswa kelas IV SD Negeri 08 Tanjung Kemuning, untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di kelas IV SD Negeri 08 Tanjung Kemuning. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Reasearch) yang telah dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi dan tahap refleksi. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar observasi guru dan siswa serta lembar tes tertulis dalam bentuk essay. Hasil dari penelitian ini yaitu pada siklus I diperoleh nilai skor observasi guru 26 dengan kriteria baik, dan nilai skor observasi siswa sebesar 25 dengan kriteria baik, pada siklus II nilai skor observasi guru meningkat menjadi 29 dengan kriteria baik dan nilai skor observasi siswa sebesar 28 dengan kriteria baik. Hasil analisis ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus I sebesar 38,70% dengan nilai rata-rata 6,82. Pada siklus II ketuntasan belajar secara klasikal meningkat menjadi 90,32% diikuti dengan nilai rata-rata yang juga meningkat menjadi 7,95. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode tanya jawab dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi pemerintahan mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas IV SD Negeri 08 Tanjung Kemuning.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 20 Dec 2013 11:23
Last Modified: 20 Dec 2013 11:23
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5117

Actions (login required)

View Item View Item