UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS SISWA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA CERITA BERGAMBAR SERI PADA BIDANG STUDI BAHASA INDONESIA DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI NO 12 BENGKULU SELATAN

Sugiarti, Sugiarti and Aliman, Aliman and Abdul, Muktadir (2012) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS SISWA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA CERITA BERGAMBAR SERI PADA BIDANG STUDI BAHASA INDONESIA DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI NO 12 BENGKULU SELATAN. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
SUGIARTI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (211kB)

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang dari nilai rata-rata tes standarisasi mutu yang berada jauh di bawah kriteria ketuntasan minimal yang telah ditetapkan di SD Negeri 12 Bengkulu Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas siswa pada pembelajaran menulis karangan menggunakan media pembelajaran bergambar. Penelitian ini dilakukan dengan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model kolaborasi, mulai dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Penelitian ini untuk membuktikan apakah ada peningkatan kemampuan menulis siswa bila dalam proses pembelajaran digunakan media cerita bergambar. Dalam melaksanakan tindakan digunakan metode pengamatan, dokumentasi, tes, dan wawancara. Adapun instrumen yang digunakan adalah panduan pengamatan aktivitas siswa dalam pembelajaran, alat penilaian kemampuan guru, panduan penilaian menulis karangan, dan panduan wawancara. Sedangkan data yang diperoleh dianalisis dengan secara kuantitatif deskriptif dan kualitatif. Proses penggunaan media pembelajaran gambar seri adalah 1) Menyusun cerita bergambar yang diacak terlebih dahulu, 2) Gambar yang telah diacak ditempel di papan tulis, 3) Gambar seri tersebut di urutkan berdasarkan urutan yang benar dengan cara di beri angka di bawah gambar, 4) Memberi judul karangan yang sesuai dengan tema, 5) Menulis kata berdasarkan gambar, 6) Kata-kata tersebut disusun menjadi kalimat, 7) Kalimat disusun menjadi sebuah paragraf, 8) Paragraf disusun sehingga menjadi karangan yang utuh berdasarkan gambar seri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran gambar seri dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan pada siswa kelas V SD Negeri 12 Bengkulu Selatan. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran gambar seri pada materi menulis karangan dikelas V SD Negeri 12 Bengkulu Selatan dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran dan hasil belajar menulis karangan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 20 Dec 2013 11:26
Last Modified: 20 Dec 2013 11:26
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5118

Actions (login required)

View Item View Item