PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI INDRA PEMBAU DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DI KELAS IV SD NEGERI 03 MAJE

Darsih, Tri and Rohiat, Rohiat and Lukman, Lukman (2012) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI INDRA PEMBAU DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DI KELAS IV SD NEGERI 03 MAJE. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
SKRIPSI TRI DARSIH PDF OK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD 03 Maje dengan penerapan metode Demonstrasi. Alasan diadakannya penelitian ini karena nilai siswa pada mata pelajaran IPA masih jauh di bawah rata-rata ketuntasan yang ditetapkan oleh Depdiknas,salah satu penyebabnya adalah penggunaan metode yang kurang tepat dalam mengajar.Masalah yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana penerapan metode demonstrasi dalam proses belajar IPA di kelas IV SD 03 Maje. (2) Bagaimana penerapan metode demonstrasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD 03 Maje. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan lembar tes. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah :Pada siklus I nilai rata-rata observasi guru 32 dengan kriteria baik, dan observasi siswa 28 dengan kriteria cukup. Sedangkan siklus II rata-rata observasi guru 35 dengan kriteria baik dan rata- rata siswa sebesar 35 dengan kriteria baik. Hasil analisis ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus I sebesar 50% dengan nilai rata-rata 59,18. Pada siklus II ketuntasan belajar secara klasikal meningkat menjadi 100% dengan rata-rata 82,25. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan kualitas proses belajar dan hasil belajar siswa mata pelajaran IPA di kelas IV SD 03 Maje.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 20 Dec 2013 11:43
Last Modified: 20 Dec 2013 11:43
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5125

Actions (login required)

View Item View Item