PENGGUNAAN JAM DINDING SEBAGAI MEDIA UNTUK MENINGKATKAN AKTIFITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI POKOK PENGUKURAN SUDUT DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI NANJUNGAN KABUPATEN BENGKULU SELATAN

Rahayu, Tuti Dwi and Aliman, Aliman and Abdul, Muktadir (2011) PENGGUNAAN JAM DINDING SEBAGAI MEDIA UNTUK MENINGKATKAN AKTIFITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI POKOK PENGUKURAN SUDUT DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI NANJUNGAN KABUPATEN BENGKULU SELATAN. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
TUTI DWI RAHAYU OK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (649kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah penggunaan jam dinding sebagai media untuk meningkatkan aktifitas dan prestasi belajar siswa kelas IV Mata pelajaran Matematika Materi Pokok Pengukuran Sudut di MIN Nanjungan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1). mengetahui dan meningkatkan aktifitas belajar siswa siswa kelas IV mata pelajaran Matematika materi pokok pengukuran sudut di MIN Nanjungan, Kabupaten Bengkulu Selatan; (2). untuk mengetahui dan meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran Matematika materi pokok pengukuran sudut di MIN Nanjungan, Kabupaten Bengkulu Selatan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MIN Nanjungan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 siklus yang tiap-tiap siklus terdiri dari perencanaan (plan), pelaksanaan (action), pengamatan (observation) dan refleksi (reflection). Kesimpulan dari peneleitian ini adalah pembelajaran dengan menggunakan alat peraga jam dinding dapat meningkatkan (1) aktifitas belajar siswa kelas IV mata pelajaran Matematika materi pokok pengukuran sudut di MIN Nanjungan; (2) prestasi belajar siswa kelas IV mata pelajaran matematika matateri pokok pengukuran sudut di MIN Nanjungan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 20 Dec 2013 11:52
Last Modified: 20 Dec 2013 11:52
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5128

Actions (login required)

View Item View Item