PENINGKATAN KUALITAS PROSES DAN HASIL PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA BENDA KONKRET SISWA KELAS V SD NEGERI 15 PADANG ULAK TANDING

Afrilyani, , Wulan and Abdul, Muktadir and Hasnawati, Hasnawati (2011) PENINGKATAN KUALITAS PROSES DAN HASIL PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA BENDA KONKRET SISWA KELAS V SD NEGERI 15 PADANG ULAK TANDING. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
WULAN AFRILYANI-0.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas guru, meningkatkan aktivitas belajar siswa serta meningkatkan hasil belajar dengan menggunakan media benda konkret pada mata pelajaran Matematika di kelas V SD Negeri 15 Padang Ulak Tanding. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 15 Padang Ulak Tanding dengan jumlah siswa sebanyak 27 orang, yang terdiri dari 13 siswa pria dan 14 siswa wanita pada tahun ajaran 2010-2011 semester I. Instrumen penelitian yang digunakaan terdiri dari lembar observasi dan lembar tes siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan data hasil tes dengan teknik analisis data observasi guru dan siswa dan data tes. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini adalah pada siklus I diperoleh nilai rata-rata skor observasi guru sebesar 29,5 dengan kriteria baik, dan rata-rata skor observasi siswa sebesar 28 dengan kriteria baik dan meningkat pada siklus II dengan rata-rata skor observasi guru sebesar 35 dengan kriteria baik dan rata-rata skor observasi siswa sebesar 34,5 dengan kriteria baik. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media benda konkret dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran matematika siswa kelas V SD Negeri 15 padang Ulak Tanding yang ditunjukkan dengan hasil ketuntasan belajar secara klasikal yaitu pada siklus I sebesar 67 % dengan nilai rata-rata 7,6 dan pada siklus II ketuntasan belajar secara klasikal meningkat menjadi 92 % dengan nilai rata-rata meningkat menjadi 8,5.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 20 Dec 2013 12:02
Last Modified: 20 Dec 2013 12:02
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5132

Actions (login required)

View Item View Item