PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATA PELAJARAN PKn UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PROSES PEMBELAJARAN DAN KERJASAMA SISWA KELAS IVB SD NEGERI 02 KOTA BENGKULU

Satriawan, , Yadi and Syahril , Yusuf and Hasnawati, Hasnawati (2011) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATA PELAJARAN PKn UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PROSES PEMBELAJARAN DAN KERJASAMA SISWA KELAS IVB SD NEGERI 02 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
Skripsi Yadi Satriawan-0.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran, kerjasama kelompok dan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas IVB SDN 02 Kota Bengkulu melalui penerapan model kooperatif tiep STAD. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar observasi guru dan siswa, kerjasama kelompok, penilaian afektif dan psikomotor serta tes tertulis dalam bentuk essay. Data tes dianalisis dengan menggunakan rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar klasikal. Dari analisis data menunjukkan pada siklus I diperoleh nilai rata- rata skor observasi guru sebesar 32 dengan kriteria Baik, pada siklus II meningkat sebesar 34,5 dengan kriteria Baik. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata skor observasi siswa sebesar 30,25 dengan kriteria Baik, pada siklus II meningkat sebesar 33,25 dengan kriteria Baik. Untuk penilaian kerjasama kelompok pada siklus I dengan ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 66,66% dan pada siklus II meningkat mencapai 100%. Hasil analisis ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus I sebesar 58,33% dengan nilai rata-rata 64,4, pada siklus II meningkat menjadi 86,11% dengan nilai rata-rata meningkat menjadi 77,9. Untuk penilaian afektif pada siklus I dengan ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 47,22% dan pada siklus II meningkat mencapai 83,33%. Untuk penilaian psikomotor pada siklus I dengan ketuntasan belajar secara klasikal mencapai50% dan pada siklus II meningkat mencapai 80,56%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penerapan model kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan Hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn serta dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan kerjasama kelompok khususnya siswa kelas IVB SD Negeri 02 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 20 Dec 2013 12:06
Last Modified: 20 Dec 2013 12:06
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5133

Actions (login required)

View Item View Item