Putri Eka, , Yosi and Lukman, Lukman and Daimun , Hambali (2011) PENERAPAN PEMBELAJARAN TEMATIK DENGAN MENGGUNAKAN METODE THINK PAIR SHARE (TPS) MELALUI PERMAINAN TALKING STICK (TS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS II SD NEGERI 40 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
Text
Skripsi Yosi Eka Putri-0.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan hasil belajar siswa kelas II SD Negeri 40 Kota Bengkulu dengan menggunakan metode TPS melalui permainan TS pada pembelajaran tematik. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang setiap siklusnya terdiri dari 2 kali pertemuan dengan subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas II SD Negeri 40 Kota Bengkulu dengan jumlah siswa 26 orang. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi dan lembar tes tertulis. Dari penelitian yang telah dilakukan dalam 2 siklus ini terjadi peningkatan pada aktivitas guru dan siswa yaitu. (1) Aktivitas guru pada siklus I diperoleh rata-rata skor 46,25 dengan kriteria “baik” dan pada siklus II diperoleh rata-rata skor 49 dengan kriteria “baik”. (2) Aktivitas siswa padasiklus I diperoleh rata-rata skor 45,25 dengan kriteria “baik” dan pada siklus II diperoleh rata-rata skor 49,25 dengan kriteria “baik”. (3) Nilai LDS pada siklus I mata pelajaran BI 62,69 dengan ketuntasan belajar 23,07%, mata pelajaran IPS 69,23 dengan ketuntasan belajar 30,76%, mata pelajaran PKn 68,84 dengan ketuntasan belajar 46,15%, mata pelajaran IPA 63,46 dengan ketuntasan belajar 30,76%, mata pelajaran MTK 66,53 dengan ketuntasan belajar 76,92%. Nilai LDS meningkat pada siklus II diperoleh nilai mata pelajaran BI 83,84 dengan ketuntasan belajar 100%, mata pelajaran PKn 81,92 dengan ketuntasan belajar 100%, mata pelajaran IPS 86,15 dengan ketuntasan belajar 100%, mata pelajaran IPA 81,15 dengan ketuntasan belajar 100%, mata pelajaran MTK 85,38 dengan ketuntasan belajar 100%. (4) Nilai kognitif pada siklus I diperoleh nilai mata pelajaran BI 60 dengan ketuntasan belajar 38,46%, mata pelajaran IPS 70,19 dengan ketuntasan belajar 57,69%, mata pelajaran PKn 66,92 dengan ketuntasan belajar 53,84%, mata pelajaran IPA 66,53 dengan ketuntasan belajar 46,15%, mata pelajaran MTK 62,88 dengan ketuntasan belajar 42,30%, mata pelajaran SBK 71,15 dengan ketuntasan belajar 65,38%. Nilai kognitif meningkat pada siklus II mata pelajaran BI 80 dengan ketuntasan belajar 92,30%, mata pelajaran PKn 76,34 dengan ketuntasan belajar 84,61, mata pelajaran IPS 74,80 dengan ketuntasan belajar 88,46%, mata pelajaran IPA 78,26 dengan ketuntasan belajar 89,76%, mata pelajaran MTK 75,57 dengan ketuntasan belajar 76,92%, mata pelajaran SBK 72,88 dengan ketuntasan belajar 80,76%. (5) Penilaian afektif pada siklus I diperoleh nilai rata-rata mata pelajaran BI 9,9, mata pelajaran IPS 10,8, mata pelajaran PKn 11,1, mata pelajaran IPA 11,1, mata pelajaran MTK 10,8, mata pelajaran SBK 10,9 . Penilaian afektif meningkat pada siklus II diperoleh nilai rata-rata BI 12,4, mata pelajaran PKn 12,2 , mata pelajaran IPS 12,3, mata pelajaran IPA 12,3, mata pelajaran MTK 12,7, mata pelajaran SBK 13,1. (6) Penilaian psikomotor pada siklus I diperoleh nilai rata-rata mata pelajaran BI 8,4, mata pelajaran IPS 8,5, mata pelajaran PKn 8,3, mata pelajaran IPA 8,6, mata pelajaran Matematika 8,0, mata pelajaran SBK 9,2. Penilaian psikomotor meningkat pada siklus II diperoleh nilai rata-rata mata pelajaran BI 13,9, mata pelajaran PKn 10,3, mata pelajaran IPS 10,1, mata pelajaran IPA 10,2, mata pelajaran Matematika 10,4, mata pelajaran SBK 10,4. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui Penerapan Pembelajaran Tematik Metode TPS Melalui permainan TS Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas II SDN 40 Kota Bengkulu.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 20 Dec 2013 12:11 |
Last Modified: | 20 Dec 2013 12:11 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5135 |
Actions (login required)
View Item |