Lestari, , Shinta and Sri , Dadi and Dalifa, Dalifa (2012) KORELASI ANTARA BIMBINGAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS IIIB SEKOLAH DASAR NEGERI 03 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
Text
Shinta Lestari Rev.1.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada korelasi yang cukup singnifikan antara bimbingan orang tua terhadap hasil belajar siswa di kelas IIIB Sekolah Dasar Negeri 03 kota Bengkulu. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 76 orang tua siswa dan sampel dengan teknik purposive sample yang berjumlah 38 orang. Dengan jawaban respon dengan nilai tertinggi sebesar 3,84 dan nilai terendah 2,74 dan nilai rata-rata total sebesar 3,37.Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif jenis penelitian korelasional. Instrumen angket telah diuji validitasnya yaitu rhitung untuk tiap butir item angket lebih besar (>) rtabel 0,320 (db 0,05) maka dinyatakan valid dan ujireabilitas diperoleh rhitung 0,819. Uji chi kuadrat (X2) untuk normalitas variabel X diperoleh X2hitung = 7,2230 ≤ X2tabel = 7,815 sehingga data dikatakan normal. Untuk uji linieritas diperoleh fhitung = 1,77 ≤ ftabel = 2,37 sehingga y atas x berpola linier. Uji hipotesis Korelasi Product Moment rhitung = 0,57 > rtabel 0,320 (db 0,05) dan n = n-2, sehingga hipotesis yang diajukan diterima. Ada korelasi positif yang cukup singnifikan antara bimbingan orang tua terhadap hasil belajar siswa di kelas IIIB Sekolah Dasar Negeri 03 kota Bengkulu.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 20 Dec 2013 12:38 |
Last Modified: | 20 Dec 2013 12:38 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5143 |
Actions (login required)
View Item |