PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MATERI “SIFAT-SIFAT CAHAYA” DI KELAS V SDN 86 KOTA BENGKULU

Minarni., Minarni. and Dalifa, Dalifa and Resnani, Resnani (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MATERI “SIFAT-SIFAT CAHAYA” DI KELAS V SDN 86 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
SKripsi Minarni.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk meningkatkan aktivitas proses pembelajaran IPA kelas V SDN 86 Kota Bengkulu melalui model pembelajaran Problem Based Learning, meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 86 Kota Bengkulu melalui penerapan model Pembelajaran Problem Based Learning. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan II siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observas dan lembar tes. Lembar observasi terdiri dari lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi aktivitas siswa. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu, Observasi guru pada siklus I diperoleh skor 62,5 nilai rata-rata 31,25 dengan kriteria “baik”. Nilai observasi guru meningkat pada siklus II di peroleh skor 74,5 nilai rata-rata 37,25 dengan kriteria “baik”. Observasi siswa siklus I diperoleh skor 59 nilai rata-rata 29,5 dengan kriteria “baik”. Nilai observasi siswa meningkat pada siklus II 73 nilai rata-rata 36,5 dengan kriteria “baik”. Nilai LKS siklus I 6,55 ketuntasan belajar 60%. Nilai LKS meningkat pada siklus II 7,69 ketuntasan belajar 100%. Nilai tes siklus I di peroleh skor 6,80 ketuntasan belajar 63,33%. Nilai tes siswa meningkat pada siklus II 7,35 dengan ketuntasan belajar klasikal 80%. Untuk pengamatan setiap aspek afektif pada siklus I persentase siswa yang mencapai kategori baik meningkat di siklus II. Begitu juga dengan aspek psikomotor persentase jumlah siswa yang mencapai kategori sangat terampil juga meningkat pada siklus I ke siklus II. Dari analisis data menunjukan bahwa pembelajara IPA dengan menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan materi sifat-sifat cahaya dikelas V SDN 86 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 20 Dec 2013 12:53
Last Modified: 20 Dec 2013 12:53
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5146

Actions (login required)

View Item View Item