PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING MELALUI MEDIA AJAR COMPUTER ASSITED INSTRUCTION (CAI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS VA SDN 25 KOTA BENGKULU

Nurokhimah, Nurokhimah and Endang , Widi Winarni and Resnani, Resnani (2012) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING MELALUI MEDIA AJAR COMPUTER ASSITED INSTRUCTION (CAI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS VA SDN 25 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
Skripsi Nurokhimah.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas VA SD Negeri 25 Kota Bengkulu dengan cara menerapkan model Problem Based Learning melalui media ajar Computer Assited Instruction (CAI). Penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus, setiap siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas VA SD Negeri 25 Kota Bengkulu. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar observasi guru dan siswa, pengamatan afektif dan psikomotor. Data tes dianalisis dengan menggunakan rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar secara klasikal. Dari analisis data menunjukkan bahwa siklus I diperoleh nilai rata-rata skor observasi guru sebesar 45,25 dengan kriteria cukup, meningkat pada siklus II sebesar 57 dengan kriteria baik. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata skor observasi siswa sebesar 46 dengan kriteria cukup, meningkat pada siklus II sebesar 58 dengan kriteria baik. Hasil analisis nilai rata-rata pada siklus I yaitu 7,26 dengan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 60,71%, pada siklus II meningkat menjadi 8,0 dengan ketuntas belajar klasikal meninangkat menjadi 85,71%. Untuk pengamatan afektif pada siklus I meningkat di siklus II yaitu, siswa yang mencapai kategori baik dengan persentase rata-rata aspek afektif meliputi sikap mematuhi mengalami peningkatan dari 49,99% meningkat menjadi 76,78% pada siklus II, aspek mengompromi dari 33,92% meningkat menjadi 62,5%, aspek meyakinkan dari 35,71% meningkat menjadi 66,07%, aspek mengorganisasikan dari 23,21% meningkat menjadi 57,14%, aspek menghargai dari 48,21% meningkat menjadi 62,49%. Hasil belajar aspek psikomotor siswa juga meningkat pada siklus I ke siklus II. Persentase nilai rata-rata skor setiap aspek psikomotor siswa yang memperoleh nilai kreteria sangat terampil yakni; untuk aspek sikap menyesuaikan dari rata-rata 41,07% meningkat pada siklus 2 menjadi 62,5%. Pada sikap mengoreksi dari rata-rata 24,99% menigkat menjadi 57,14%, begitu pula pada sikap menggunakan dari nilai rata-rata 49,99% meningkat menjadi 67,85% dan terakhir aspek sikap artikulasi dari nilai rata-rata 17,85% meningkat menjadi 55,35%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Problem Based Learning melalui Media Ajar Computer Assited Instruction (CAI) dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran dan hasil belajar khususnya siswa kelas VA SD Negeri 25 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 20 Dec 2013 16:19
Last Modified: 20 Dec 2013 16:19
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5150

Actions (login required)

View Item View Item