PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBL) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IVB SDN 03 KOTA BENGKULU

Kasanova, , Osta and Sri , Irawati and Ansyori , Gunawan (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBL) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IVB SDN 03 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
Skripsi Osta Kasanova.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (21MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IVB SDN 03 Kota Bengkulu dengan model pembelajaran PBL. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian tindakan kelas (Classroom Action Reseacrh) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar observasi guru dan siswa, lembar penilaian afektif dan psikomotor serta lembar tes tertulis dalam bentuk isian singkat dan essay. Data hasil belajar yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan mengacu pada ketuntasan belajar klasikal. Dari analisis data menunjukkan pada siklus I diperoleh nilai rata-rata skor observasi guru sebesar 32 dengan kriteria cukup, dan rata-rata skor observasi siswa sebesar 31,75 dengan kriteria cukup, pada siklus II rata-rata skor observasi guru meningkat sebesar 35,25 dengan kriteria baik dan rata-rata skor observasi siswa meningkat sebesar 35 dengan kriteria baik. Kemudian pada lembar penilaian afektif pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 9,15 dan nilai rata-rata pada lembar penilaian psikomotor 4,8, selanjutnya di siklus II penilaian rata-rata afektif meningkat sebesar 10,13 dan penilaian rata-rata psikomotor meningkat sebesar 5,13. Hasil analisis ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus I sebesar 70% dengan nilai rata-rata 6,96. Pada siklus II ketuntasan belajar secara klasikal meningkat menjadi 86,66% dengan nilai rata-rata meningkat menjadi 7,55. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) dapat meningkatkan aktivitas dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA khususnya siswa kelas IVB SDN 03 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 20 Dec 2013 16:37
Last Modified: 20 Dec 2013 16:37
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5151

Actions (login required)

View Item View Item