UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS VA SEKOLAH DASAR NEGERI 11 KOTA BENGKULU

Sumawandro,, Purnomo and Endang , Widi Winarni and Herman , Lusa (2012) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS VA SEKOLAH DASAR NEGERI 11 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
Skripsi Purnomo Sumawandro.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) penerapan pendekatan Problem Based Learning dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dikelas V A SDN 11 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian tindakan kelas(Classroom Action Reseacrh) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar observasi guru dan siswa, lembar penilaian afektif dan psikomotor serta lembar post tes tertulis dalam bentuk essay. Data observasi dianalisis dengan menggunakan rata-rata skor dan kriteria skor, sedangkan data tes dianalisis dengan menggunakan rata-rata nilai persentase ketuntasan belajar siswa. Dari analisis data menunjukkan pada siklus I diperoleh nilai rata-rata skor observasi guru sebesar 33,75 dengan kriteria baik, dan rata-rata skor observasi siswa sebesar 33,25 dengan kriteria baik, pada siklus II rata-rata skor observasi guru meningkat sebesar 37,5 dengan kriteria baik dan rata-rata skor observasi siswa meningkat sebesar 36,5 dengan kriteria baik. Kemudian pada lembar penilaian afektif pada siklus I dikatagorikan cukup dan lembar penilaian psikomotor dikatagorikan cukup,selanjutnya di siklus II penilaian afektif membaik dari katagori cukup menjadi baik dan penilaian psikomotor dari kategori cukup menjadi baik. Hasil analisis ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus I sebesar 60% dengan nilai rata- rata 73,33. Pada siklus II ketuntasan belajar secara klasikal meningkat menjadi 86,66% dengan nilai rata-rata meningkat menjadi 84,46. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Pendekatan Problem Based Learning dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran dan hasil belajar pada pembelajaran IPA siswa khususnya siswa kelas VA SD Negeri 11 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 20 Dec 2013 16:41
Last Modified: 20 Dec 2013 16:41
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5152

Actions (login required)

View Item View Item