PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL MELALUI MEDIA VCD UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA DI KELAS V SDN 35 KOTA BENGKULU

Erlina, , Rini and Sri , Dadi and Nani , Yuliantini (2012) PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL MELALUI MEDIA VCD UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA DI KELAS V SDN 35 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
Skripsi Rini Erlina.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN 35 Kota Bengkulu dengan pendekatan Kontekstual melalui media VCD. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian tindakan kelas (Classroom Action Reseacrh) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar observasi guru dan siswa, lembar penilaian afektif dan psikomotor serta lembar tes tertulis dalam bentuk isian singkat dan essay. Data hasil belajar yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan mengacu pada ketuntasan belajar klasikal. Dari analisis data menunjukkan pada siklus I diperoleh nilai rata-rata skor observasi guru sebesar 32 dengan kriteria cukup, dan rata-rata skor observasi siswa sebesar 30,75 dengan kriteria cukup, pada siklus II rata-rata skor observasi guru meningkat sebesar 40,5 dengan kriteria baik dan rata-rata skor observasi siswa meningkat sebesar 39,25 dengan kriteria baik. Kemudian pada lembar penilaian afektif pada siklus I diperoleh 14 orang siswa yang mencakup kedalam kriteria cukup dan 20 orang siswa yang mencakup dalam kriteria baik dari 34 siswa, selanjutnya pada siklus II seluruh siswa mendapat kriteria baik, sehingga penilaian afektif mengalami peningkatan pada setiap siklus. Pada lembar penilaian psikomotor pada siklus I yang mencakup dalam kriteria cukup diperoleh 19 orang siswa, dan 15 orang siswa yang mencakup dalam kriteria baik dari 34 siswa, selanjunya pada siklus II seluruh siswa siswa mencakup dalam kriteria baik, sehingga pada penilaian psikomotor mengalami peningkatan pada setiap siklus. Hasil analisis lembar diskusi siswa (LDS) ketuntasan belajar klasikal pada siklus I sebesar 76,47%, dengan nilai rata-rata 70,7. Pada siklus II ketuntasan belajar klasikal meningkat menjadi 100%, dengan nilai rata-rata 81,66. Hasil analisis evaluasi ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus I sebesar 67,64% dengan nilai rata-rata 66,61. Pada siklus II ketuntasan belajar secara klasikal meningkat menjadi 85,29% dengan nilai rata-rata meningkat menjadi 75,58. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Pendekatan Kontekstual Melalui Media VCD dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran serta dapat meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran IPS siswa khususnya siswa kelas V SDN 35 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 20 Dec 2013 17:14
Last Modified: 20 Dec 2013 17:14
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5156

Actions (login required)

View Item View Item