PENERAPAN MODEL PROBLEM SOLVING MELALUI MEDIA MIND MAPPING PADA MATA PELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN DAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS IV SD NEGERI 61 KOTA BENGKULU

Harmidi , Sefdian and Sri , Dadi and Herman , Lusa (2012) PENERAPAN MODEL PROBLEM SOLVING MELALUI MEDIA MIND MAPPING PADA MATA PELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN DAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS IV SD NEGERI 61 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
Skripsi Sefdian Harmidi.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran dan hasil belajar IPS siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 61 Kota Bengkulu dengan cara penerapan Model Problem Solving melalui media Mind Mapping. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus, hasil dari siklus pertama belum mencapai ketuntasan belajar sehingga diadakan siklus kedua untuk meperbaiki kegiatan pembelajaran pada siklus satu, dan pada siklus kedua ini hasil belajar sudah mencapai ketuntasan sehingga penelitian ini dicukupkan sampai pada siklus kedua. Setiap siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 61 Kota Bengkulu pada semester I tahun pelajaran 2012/2013. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan lembar tes. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes. Data observasi dianalisis dengan rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor, dan kisaran untuk tiap kriteria sedangkan data tes dianalisis dengan menggunakan rumus rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar klasikal. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu: (1) pada siklus I diperoleh nilai lembar observasi aktivitas guru sebesar 56,5 dengan kategori cukup dan nilai lembar observasi aktivitas siswa sebesar 55,5, dengan kategori cukup, sedangkan dari 36 orang siswa dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 58,33%, dan mendapat nilai rata-rata sebesar 58,88, (2) pada siklus II diperoleh nilai lembar observasi aktivitas guru sebesar 76,5 dengan kategori baik dan nilai lembar observasi aktivitas siswa sebesar 75,5 dengan kategori baik, sedangkan dari 36 orang siswa dengan ketuntasan belajar klasikal 86,11% dengan nilai rata-rata sebesar 75,55. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Problem Solving melalui Media Mind Mapping pada Mata Pelajaran IPS untuk Meningkatkan Aktivitas Pembelajaran dan Hasil Belajar Siswa di Kelas IV SD Negeri 61 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 20 Dec 2013 17:19
Last Modified: 20 Dec 2013 17:19
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5157

Actions (login required)

View Item View Item