PENERAPAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME MELALUI MODEL ARIAS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI DAN MENGEMBANGKAN KARAKTER SISWA KELAS VB SDN 12 KOTA BENGKULU

Paryuni, , Tri and Daimun , Hambali and Abdul, Muktadir (2012) PENERAPAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME MELALUI MODEL ARIAS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI DAN MENGEMBANGKAN KARAKTER SISWA KELAS VB SDN 12 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
Skripsi Tri Paryuni.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi dan mengembangkan karakter siswa kelas VB SD Negeri 12 Kota Bengkulu dengan menerapkan pendekatan konstruktivisme melalui model ARIAS. Hasil yang diperoleh dalam penelitian sebagai berikut ini: (1) Penerapan pendekatan konstruktivisme melalui model ARIAS dengan menggabungkan keempat tahap pendekatan konstruktivisme yaitu, tahap apersepsi tahap eksplorasi, tahap penjelasan konsep dan tahap pengembangan konsep/aplikasi dengan kelima komponen model ARIAS (assurance, relevance, interest, assesment, satisfaction). (2) Siklus I diperoleh nilai rata-rata lembar observasi aktivitas guru sebesar 52,5 dan nilai rata-rata lembar observasi aktivitas siswa 50; pada siklus II diperoleh nilai rata-rata lembar observasi aktivitas guru sebesar 65; dan nilai rata-rata lembar observasi aktivitas siswa 63; (3) Nilai rata-rata hasil tes menulis puisi pada siklus I 68,15 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 63,63%; dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan nilai rata-rata hasil tes menulis puisi 79,35 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 80%. (4) Perkembangan nilai karakter pada kriteria “membudidaya secara konsisten” mengalami peningkatan di setiap siklus, nilai karakter dengan persentase peningkatan tertinggi yaitu sikap “tanggung jawab” sebesar 45%. Sedangkan nilai karakter dengan persentase terendah adalah sikap “kreatif” sebesar 25%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan konstruktivisme melalui model ARIAS meningkatkan hasil belajar siswa dalam menulis puisi dan mengembangkan karakter siswa kelas VB SD Negeri 12 Kota Bengkulu. Disarankan kepada guru Bahasa Indonesia untuk menerapkan pendekatan konstruktivisme melalui model ARIAS dalam pembelajaran khususnya pembelajaran puisi dengan memperhatikan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 20 Dec 2013 17:30
Last Modified: 20 Dec 2013 17:30
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5159

Actions (login required)

View Item View Item