Rohadi, Nyoman (2012) PENGEMBANGAN KETERAMPILAN BERPIKIR MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA DALAM PERKULIAHAN MEDAN ELEKTROMAGNETIK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH. EXACTA, 10 (2). pp. 119-123. ISSN 1412-3617
|
Text (Journal)
04. Nyoman Rohadi.pdf - Published Version Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (44kB) | Preview |
Abstract
Penelitian pembelajaran telah dilakukan pada mahasiswa program studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Bengkulu dalam mata kuliah listrik magnet. Penelitian pembelajaran bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajarnya dengan menerapkan model pembelajaran berdasarkan masalah berbasis keterampilan berpikir. Penelitian pembelajaran dilakukan dalam 3 siklus meliputi proses perkuliahan di kelas dan kegiatan praktikum di laboratorium fisika. Mengikuti tahap-tahap kegiatan sesuai model pembelajaran berdasarkan masalah, dikembangkan (1) lembar kerja mahasiswa, (2) lembar observasi aktivitas belajar mahasiswa, dan (3) alat evaluasi hasil belajar (posttest). Hasil yang diperoleh berupa (1) hasil belajar akhir mahasiswa meningkat 77,27% dibandingkan dengan hasil pretest, (2) aktivitas belajar mahasiswa meningkat dari siklus ke siklus, dan (3) penggunaan tingkat berpikir mahasiswa berkisar memahami C2, menerapkan C3 dan menganalisis C4 sesuai dengan berpikir kognitif taksonomi bloom.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Physic Education |
Depositing User: | 001 Bambang Gonggo Murcitro |
Date Deposited: | 28 Mar 2013 22:24 |
Last Modified: | 28 Mar 2013 22:24 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/516 |
Actions (login required)
View Item |