HUBUNGAN ANTARA PERANAN ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS IVA DAN VA SD NEGERI 52 KOTA BENGKULU

Apriyani, , Witri and Lukman, Lukman and Mona , Ardina (2012) HUBUNGAN ANTARA PERANAN ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS IVA DAN VA SD NEGERI 52 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
Skripsi Witri Apriyani.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara peranan orang tua dengan prestasi belajar IPA Siswa kelas IVA dan VA SDN 52 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi. Populasi sampel penelitian ini adalah orang tua siswa kelas IVA dan VA SDN 52 Kota Bengkulu yang berjumlah 50 orang. Instrumen penelitian berupa angket yang terdiri dari 45 soal yang mengukur tentang peranan orang tua. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan perhitungan statistik “Korelasi Product Moment”. Hasil menunjukkan bahwa r hitung = 0,578 yang berada pada arah yang positif dengan korelasi yang sedang atau cukup, sedangkan untuk uji signifikan koefisien korelasi menunjukkan bahwa r tabel pada taraf signifikan 5 % sebesar 0,279. Dengan demikian dapat diketahui r hitung lebih tinggi daripada r tabel pada taraf signifikansi 5 % dengan kata lain Ho ditolak sedangkan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara peranan orang tua dengan prestasi belajar IPA siswa kelas IVA dan VA SD Negeri 52 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 20 Dec 2013 17:47
Last Modified: 20 Dec 2013 17:47
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5163

Actions (login required)

View Item View Item