PENERAPAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MELALUI METODE EKSPERIMEN DALAM MATA PELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS VC SDN 52 KOTA BENGKULU

Trisnawati, , Riri and Sri , Irawati and Ansyori , Gunawan (2012) PENERAPAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MELALUI METODE EKSPERIMEN DALAM MATA PELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS VC SDN 52 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
Skripsi Riri Trisnawati.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (42MB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan Hasil belajar melalui pendekatan Keterampilan Proses melalui Metode Eksperimen pada pembelajaran IPA kelas VC SD Negeri 52 Kota Bengkulu. Subjek penelitian ini adalah guru dan 28 siswa yang terdiri dari 11 laki-laki dan 17 perempuan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar pengamatan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar(afektif, kognitif dan psikomotor). Teknik pengumpulan data diperoleh dari observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis yang digunakan adalah data pengamatan aktivitas guru, lembar penilaian afektif, kognitif dan psikomotor. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini adalah pada siklus I nilai rata- rata kelas sebesar 64,2 dengan ketuntasan klasikal 64,2 %, nilai rata-rata observasi guru yaitu 25,25. dengan kategori cukup, nilai rata-rata observasi siswa yaitu 24,25 dengan kategori cukup, sedangkan penilaian afektif sebesar 10 dan penilaian psikomotor sebesar 12,5. Pada siklus II nilai rata-rata kelas sebesar 80,71 dengan ketuntasan belajar klasikal 85% , nilai rata-rata observasi guru yaitu 35 dengan kategori baik, nilai rata-rata observasi siswa yaitu 32 dengan kategori baik, sedangkan penilaian afektif sebesar 22 dan penilaian psikomotor sebesar 22 Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pendekatan keterampilan proses sains melalui Metode Eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 20 Dec 2013 18:20
Last Modified: 20 Dec 2013 18:20
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5167

Actions (login required)

View Item View Item