PENINGKATAN KETERAMPILAN PASSING BAWAH MELALUI LATIHAN PANTULAN BOLA KE DINDING PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 88 BENGKULU SELATAN

Asdi, Biin and Hartanto, Hartanto and Tono , Sugihartono (2013) PENINGKATAN KETERAMPILAN PASSING BAWAH MELALUI LATIHAN PANTULAN BOLA KE DINDING PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 88 BENGKULU SELATAN. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan .

[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,1-13-bii.fi.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)
[img] Text (Thesis)
I,II,III,1-13-bii.fi.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan apakah latihan pantulan bola ke dinding dapat meningkatkan keterampilan teknik passing bawah siswa kelas V SD Negeri 88 Bengkulu Selatan. Metode pendekatan dalam penelitian ini menggunakan PTK kolaboratif artinya peneliti atau guru bersama-sama melakukan pembelajaran guna memperbaiki mutu atau hasil belajar. Disini peneliti tidak hanya sebagai pengamat tetapi terlibat langsung dalam proses situasi dan kondisi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 88 Bengkulu Selatan, yaitu sebanyak 21 orang siswa yang terdiri dari 9 orang laki-laki dan 12 orang perempuan. Alat-alat yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar skor latihan pemantulan bola ke dinding yang bertujuan untuk merangkum jumlah pantulan sempurna yang diperoleh siswa, lembar skor passing bawah berguna untuk mencatat passing bawah yang dilakukan siswa dengan sempurna dan lembar observasi tes passing bawah siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan jumlah pasing bawah yang dilakukan siswa dari siklus 1 ke siklus 2. Hasil observasi siswa juga mengalami peningkatan dari siklus 1 siswa yang termasuk kategori baik hanya 2 orang meningkat menjadi sangat baik secara keseluruhan. Kesimpulan penelitian ini adalah latihan pantulan bola ke dinding dapat meningkatkan teknik passing bawah siswa kelas V SD Negeri 88 Bengkulu Selatan yang dibuktikan dengan adanya peningkatan jumlah passing bawah yang dapat dilakukan siswa. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata jumlah passing bawah pada siklus 1 yaitu 33 kali dan pada siklus 2 sebanyak 38 kali.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: ?? def_phi ??
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 20 Dec 2013 23:04
Last Modified: 20 Dec 2013 23:04
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5189

Actions (login required)

View Item View Item