PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBACA CEPAT SISWA KELAS X SMAN 1 CURUP

Eka Susanti, Fifi and Susetyo, Susetyo and Dian Eka Chandra, Wardhana (2009) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBACA CEPAT SISWA KELAS X SMAN 1 CURUP. Undergraduated thesis, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

[img] Text
TESIS FIFI FE-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (922kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran kooperatif model STAD terhadap hasil belajar membaca cepat pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Curup. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 1 Curup yaitu siswa kelas X5 dan X6 yang berjumlah masing-masing 32 sebagai sampelnya. Penelitian ini menggunakan metode Eksperimen untuk meneliti ada tidaknya hubungan sebab akibat serta berapa besarnya hubungan sebab akibat tersebut dengan cara memberikan perlakuan-perlakuan tertentu pada kelompok eksperimental dan menyediakan kontrol untuk pembanding. Dalam penelitian ini peneliti melaksanakan pre-test dan post-test baik untuk kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Untuk memperoleh hasil penelitian, peneliti menggunakan Uji-t pada hasil postest kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada taraf nyata 0,05 dengan dk 30 (n-2), diperoleh harga t = 2,042 dengan demikian t tabel = 2,231 > t = 2,042. ternyata harga t hitung lebih besar dari t tabel. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti terdapat pengaruh yang cukup signifikan antara pembelajaran kooperatif dan hasil belajar membaca cepat siswa. Hal ini berarti penerapan strategi belajar kelompok (Cooperative Learning) dalam pembelajaran bahasa Indonesia bisa membantu siswa dalam belajar bagaimana cara melatih keterampilan dalam membaca cepat. Karena dalam kelompok belajar apa yang dilakukan anggota adalah untuk membantu kelompoknya dan apa yang dilakukan kelompok adalah untuk membantu siswa lain. Dengan demikian, metode pembelajaran kooperatif model STAD dalam penelitian ini mampu meningkatkan kemampuan membaca siswa baik dalam hal kecepatan membaca maupun pemahaman terhadap teks/materi bacaan yang sangat dibutuhkan oleh seorang pelajar. Dengan memiliki keterampilan membaca cepat seorang pelajar tidak perlu membuang waktu terlalu banyak untuk membaca sebuah buku, sehingga membaca bisa lebih efektif dan efisien. h t

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: 012 Adek Adek
Date Deposited: 22 Dec 2013 10:45
Last Modified: 22 Dec 2013 10:45
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5237

Actions (login required)

View Item View Item