Hamdani, Dedy (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPEARTIF DENGAN MEMANFAATKAN WEB BLOGSPOT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA PADA KONSEP SUHU DAN KALOR DI KELAS XE SMAN 06 KOTA BENGKULU. EXACTA, 9 (1). pp. 9-15. ISSN 1412-3617
|
Text (Journal)
02. Dedy Hamdani Hal. 09-15.pdf - Published Version Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (93kB) | Preview |
Abstract
Model kooperatif dengan memanfaatkan web blogspot sebagai media pembelajaran berbasis ICT diterapkan untuk mengetahui aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa pada konsep suhu dan kalor. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 6 Kota Bengkulu tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Aktivitas E belajar diamati dengan lembar observasi, sedangkan hasil belajar diperoleh dari tes akhir siklus kemudian dianalisis secara deskriptif untuk menentukan daya daya serap dan ketuntasan belajar siswa. Hasil penelitian diperoleh bahwa aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan. Skor aktivitas siswa pada siklus I adalah 38, skor aktivitas siswa pada siklus II adalah 40, dan skor aktivitas siswa pada siklus III adalah 43. Daya serap siswa pada siklus I adalah 67,97%, daya serap siswa pada siklus II adalah 74,00 % dan daya serap siswa pada siklus III 76,66 %. Ketuntasan belajar siswa pada siklus I adalah 82,86%,ketuntasan belajar siswa pada siklus II adalah 94,29% dan ketuntasan belajar siswa pada siklus III adalah 97,14%. Model kooperatif dengan memanfaatkan web blogspot sebagai media pembelajaran berbasis ICT dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Physic Education |
Depositing User: | 001 Bambang Gonggo Murcitro |
Date Deposited: | 28 Mar 2013 23:40 |
Last Modified: | 28 Mar 2013 23:40 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/524 |
Actions (login required)
View Item |