PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN SISWA KELAS V B SD NEGERI 11 KOTA BENGKULU MELALUI TEKNIK KONFERENSI

Suryadi, Herman and Susetyo, Susetyo and Agus , Susetyo (2009) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN SISWA KELAS V B SD NEGERI 11 KOTA BENGKULU MELALUI TEKNIK KONFERENSI. Masters thesis, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

[img] Text
TESIS HERMAN SURYADI FE-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan (1) kualitas proses keterampilan menulis karangan melalui teknik konferensi pada siswa kelas V B SD Negeri 11 Kota Bengkulu; (2) kualitas hasil keterampilan menulis karangan melalui teknik konferensi pada siswa kelas V B SD Negeri 11 Kota Bengkulu. Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas (class action research). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V B SD Negeri 11 Kota Bengkulu. Sumber data yang digunakan yaitu: (1) tempat dan peristiwa, (2) informan, dan (3) dokumen. Tempat dan peristiwa dalam penelitian ini yaitu, kegiatan pembelajaran menulis karangan yang dialami oleh siswa. Informan dalam penelitian ini adalah guru kelas dan siswa kelas V B SD Negeri 11 Kota Bengkulu. Dokumen yang digunakan berupa: hasil tes siswa, RPP, daftar nilai. Teknik pengumpulan data yang diterapkan, yaitu: (1) observasi, (2)teknik tes. Uji validitas yang digunakan adalah: triangulasi teori, triangulasi sumber data, dan review informan. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, paparan data dan penyimpulan data. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kualitas pembelajaran (baik proses maupun hasil) kemampuan menulis karangan melalui teknik konferensi pada siswa kelas V B SD Negeri 11 Kota Bengkulu. Peningkatan kualitas proses ditandai dengan: (1) pembelajaran tidak berlangsung secara konvensional dan searah lagi; (2) penggunaan teknik konferensi menjadikan siswa lebih antusias mengikuti pelajaran; dan (3) siswa terlihat aktif dalam arti mereka tampak banyak merespon pertanyaan dari guru. Peningkatan kualitas hasil ditandai dengan meningkatnya nilai rata-rata siswa dibandingkan pada saat pratindakan 5,93 dengan siklus I, II dan III, yaitu: 6,20; 7,36; dan 8,08.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: 012 Adek Adek
Date Deposited: 22 Dec 2013 11:00
Last Modified: 22 Dec 2013 11:00
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5241

Actions (login required)

View Item View Item